AS Prihatin Atas Penyerbuan Ben Gvir ke Al-Aqsa

Washington, MINA – Departemen Luar Negeri menyatakan keprihatinannya atas serbuan provokatif Menteri Keamanan Ben Gvir ke Masjid Al- pada Ahad (21/5).

Washington menyebut  tindakan itu sebagai retorika yang menghasut, demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri AS. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (22/5).

Pernyataan mengatakan situs suci tidak boleh digunakan untuk tujuan politik, dan bahwa Washington meminta semua pihak untuk menghormati kesucian situs tersebut.

Pernyataan juga mengatakan, AS mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam tentang pemerintah Israel yang mengizinkan orang Israel untuk tinggal secara permanen di pemukiman Homesh di Tepi Barat utara.

Hukum Israel sendiri menetapkan bahwa pemukiman tersebut didirikan secara ilegal di tanah pribadi Palestina, lanjut pernyataan.

Pernyataan tersebut menganggap bahwa bergerak maju dengan membangun pemukiman di Tepi Barat merupakan hambatan untuk mencapai solusi dua negara, dan menganggap langkah Israel mengenai pemukiman Homesh bertentangan dengan janji pemerintah Israel saat ini kepada pemerintahan Presiden AS Joe Biden. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MNA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.