Asosiasi Sepak Bola Palestina Kecam FC Barcelona Akan Tanding di Yerusalem

Palestine-PFA-logo

Yerusalem, MINA – Asosiasi Sepak Bola mengecam keputusan klub sepak bola profesional papan atas Spanyol, Barcelona, untuk memainkan pertandingan persahabatan melawan klub sepak bola Beitar di kota pendudukan Yerusalem pada 4 Agustus mendatang.

PFA meminta klub Spanyol untuk mempertimbangkan kembali pemilihan tempat pertandingan, demikian WAFA melaporkan.

PFA mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan pada Senin (5/7) bahwa mereka menghormati hak federasi sepak bola dan klub untuk memainkan pertandingan persahabatan dengan klub pilihan mereka, di bawah payung federasi mana pun.

Namun, PFA menekankan bahwa dengan memainkan pertandingan di bagian Yerusalem yang diduduki, akan memiliki secara langsung melanggar hak-hak Asosiasi Sepak Bola Palestina, karena Yerusalem Timur tidak berada di bawah yurisdiksi Asosiasi Sepak Bola Israel, tempat Klub sepak bola Beitar berada.

Baca Juga:  Al-Qassam Serang Pasukan Israel di Gaza dan Perbatasan Lebanon

PFA menegaskan kembali rasa hormatnya terhadap keinginan FC Barcelona untuk bermain melawan tim pilihannya, “Kami ingat tahun 2013, ketika klub, yang terkenal dengan moto “Lebih dari Sekedar Klub”, melakukan tur yang mencakup Palestina dan Israel dengan pesan perdamaian yang dapat dimengerti untuk keduanya,”.

“Hari ini, pesan tersebut tampaknya tidak jelas bagi jutaan orang dari Palestina, jutaan orang Arab dan seluruh bangsa di dunia, dan mereka yang percaya pada perlunya mengambil sikap tegas melawan rasisme,” kata PFA dalam keterangannya.

Beitar Klub tidak pernah menurunkan pemain Muslim atau Arab. Dua pemain asal Bosnia dan Chechnya yang pernah bermain untuk klub itu di masa lalu menjadi sasaran pelecehan rasis oleh penonton, yang memaksa mereka meninggalkan klub.

Baca Juga:  Thomas Cup 2024: Kalahkan Chinese Taipei, Indonesia Lolos ke Final

Sekelompok penggemar berat Beitar, yang dikenal sebagai La Familia, yang bepergian dengan tim terus-menerus untuk menghadiri semua pertandingannya, terkenal dengan rasis dan nyanyian slogan anti-Arab dan Muslim selama pertandingan. Ini terkait langsung dengan tindakan vandalisme, terorisme, dan kekerasan terhadap warga Palestina.

“Sementara kami menegaskan kembali komitmen kami untuk tidak ikut campur dalam penyelenggaraan pertandingan persahabatan antara asosiasi atau klub sepak bola, kami tidak boleh gagal untuk menunjukkan betapa mengecewakannya penyelenggaraan pertandingan ini bagi jutaan orang Palestina dan Arab,” katanya.

“Dan bagi banyak orang yang masih percaya dalam prinsip-prinsip dasar sepak bola kesetaraan dan non-diskriminasi, dan percaya bahwa sepak bola berkewajiban untuk mengambil sikap melawan rasisme,” tambahnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

PFA mengatakan, telah menerima ratusan keberatan baik dari klub atau penggemar atas diadakannya pertandingan ini, serta panggilan untuk menyampaikan pesan kepada FC Barcelona tentang betapa sulitnya melihat klub yang mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan kesetaraan saat bermain di Yerusalem yang diduduki.

Di sebuah stadion yang dibangun di atas reruntuhan desa Palestina Al-Malha, yang penduduknya diusir secara paksa dan mengungsi di kamp-kamp pengungsi.

“Bagi orang-orang itu, FC Barcelona bermain di kuburan nenek moyang mereka,” katanya. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.