Austria Sumbang Palestina 350 Ribu Euro untuk Penanganan Air Minum Tercemar


Ramallah, MINA – Kepala Otoritas Air Palestina, Mazen Ghoneim, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Austria senilai 350 ribu Euro dalam rangka mendukung rencana darurat penangan masalah air minum yang sedang terjadi.

Perjanjian tersebut ditandatangani melalui Austrian Development Agency (ADA). WAFA melaporkan pada Selasa (11/8).

Selain itu, untuk tiga bulan ke depan akan disediakan alat-alat dan bahan untuk menjernihkan air, suku cadang yang diperlukan untuk memelihara pompa air di gubernuran utara, bahan kimia pretreatment yang digunakan di pabrik desalinasi dan bahan bakar untuk instalasi air di gubernuran selatan.

Diketahui bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 97 persen air yang mengalir di permukiman warga Gaza sudah tercemar zat-zat berbahaya dan tak layak konsumsi, yang apabila di konsumsi mampu memicu terjadinya berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Ghoneim sangat berterima kasih kepada ADA dan pemerintah Austria atas bantuannya untuk sektor air di Palestina.

Ia berharap dukungan dan kerja sama dengan Austria ini akan terus berjalan dan mencapai keamanan air di Palestina. (T/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)