AWG Ingatkan Umat Islam Hindari Pertikaan

Ketua Aqsa Working Group (AWG) Lampung, Rustam Efendi. (Photo :MINA)

Bandar Lampung, 26 Dzulqa’dah 1437/29 Agustus 2016 (MINA) – Koordinator Aqsa Working Group (AWG) Indonesia Bagian Barat, Rustam Effendy mengingatkan agar kaum Muslimin dapat menghindari pertikaian internal karena hal itu dapat melemahkan potensi kekuatan umat.

Hal ini disampaikannya saat ditemui Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di sela sosialisasi terkait Masjid Al-Aqsha pada rangkaian Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Niyabah Bandar Lampung di Masjid Abdurrahman Bin A’uf, Way Kandis, Bandar Lampung, Ahad, (28/8).

Menurutnya, umat agar jangan mudah disulut provokasi yang berpotensi menumbuhkan pertiakaian antar kelompok, tapi tetap fokus pada perjuangan pemberdayaan umat.

“Kita justru harus selalu mempererat ukhuwah Islamiyah, saling tafahum satu satu sama lain,” katanya.

Ada kekurangan juga ada kelebihan dari masing-masing kelompok umat Islam, lanjutnya, dan itu justru hendaknya dijadikan potensi untuk saling melengkapi sehingga menjadi sebuah kekuatan.

“Kita banyak temukan perbedaan, kekurangan dalam tubuh umat Islam, maka tugas kita saling melengkapi, tidak saling mencela. Kalau ada sekelompok umat Islam fokus terhadap Masjid Al-Aqsa dan Palestina, lantas kelompok lain fokus terhadap Rohingya, kelompok lain lagi fokus terhadap Suriah. Ini justru potensi kekuatan besar,” tegasnya.

jangan sampai saling mencela, karena kelompok A misalnya hanya fokus terhadap Rohingya saja. Hendaknya umat Islam bersyukur, sebab pekerjaan Umat ini banyak, tidak mungkin dikerjakan sendiri, sudah waktunya umat Islam bersatu padu dengan banyaknya potensi yang ada,” tegasnya.

Selain itu, mengenai ukhuwah Islamiyah, diharapkan umat Islam dapat lebih melakukan pendekatan husnudzon (berbaik sangka) terhadap sesama muslim meskipun berbeda golongan.

Rustam menekankan, pendekatan husnudzan dapat menangkal umat Islam dari firnah . (L/K08/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.