Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Azyumardi Azra: Indonesia Harus Galang Kerjasama dengan Uni Eropa Atasi Yerusalem

Hasanatun Aliyah - Rabu, 13 Desember 2017 - 17:02 WIB

Rabu, 13 Desember 2017 - 17:02 WIB

112 Views

Azyumardi Azra, Staf Khusus Wakil Presiden RI. (Foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA –  Prof. Azyumardi Azra menyarankan agar Indonesia menggalang kerjasama dengan negara-negara Uni Eropa untuk mengatasi masalah di Yerusalem, Palestina.

“Indonesia sudah mengambil posisi terdepan dalam menyelesaikan konflik Yerusalem. Saya menyarankan kapada Presiden untuk melakukan inisiatif menggalang aliansi dengan negara Uni Eropa,” ujar staf khusus Wakil Presiden itu kepada awak media di Kesektretariatan Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (13/12).

Keputusan sepihak oleh presiden AS Donald Trump pada Rabu (6/12) lalu, menimbulkan banyak kecaman keras dan penolakan bagi negara-negara tengga bahkan seluruh umat Islam dunia.

“Uni Eropa juga menolak keputusan presiden Donald Trump. Oleh karena itu Indonesia perlu mengumpulkan kekuatan dalam menyelesaikan masalah Yerusalem dengan melibatkan negara Uni Eropa dan juga negara lain seperti Rusia, Jepang, Cina dan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Israel Bom Sekolah di Gaza, Delapan Warga Syahid

Menurutnya langkah langkah tersebut harus dilakukan Indonesia supaya AS bisa mempertimbangkan keputusannya soal Yerusalem.

“Kalau ini bisa galang aliansi seperti itu maka kemudian barulah saya kira Amerika akan memeprtimbangkan, akan mendengarkan. Kalau cuma OKI saya kira agak susah, karena anggota OKI di Timur Tengah sendiri terlibat dalam konflik tersebut,” jelasnya

Ia menambahkan bahkan negara-negara anggota OKI punya kebijakan yang berbeda terhadap AS.

“Di dalam OKI sendiri juga macam-macam sikapnya terhadap AS, ada yang sangat tergantung pada AS secara politik dan keamanan, ada yang sangat tergantung pada Amerika secara ekonomi,” tambahnya. (L/R10/P1)

Baca Juga: Uganda Bertekad Gelorakan Semangat KAA

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Breaking News
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia