Badan Lingkungan Eropa: Polusi Udara Membunuh 1.200 Anak Per Tahun

Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Copenhagen, MINA – Menghirup udara kotor menyebabkan kematian dini setidaknya 1.200 anak di seluruh setiap tahun, dan ribuan lainnya menderita masalah kesehatan fisik dan mental yang dapat berdampak seumur hidup, menurut laporan terbaru penilaian oleh Badan Lingkungan Eropa (EEA).

“Anda tidak dapat menganggap sebagai orang dewasa kecil dalam hal polusi udara. Mereka menerima lebih banyak polusi, dan itu dimulai di dalam rahim dan berlanjut di taman kanak-kanak dan seterusnya. Kami mengecewakan anak-anak kami karena polusi udara,” ujar Gerardo Sanchez Martinez, seorang ahli lingkungan dan kesehatan di EEA.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Senin (24/4) oleh EEA yang dilaporkan WAM, anak-anak sangat rentan terhadap udara kotor, karena polutan dapat berdampak permanen pada perkembangan mereka.

Dampaknya dimulai sebelum kelahiran, dengan penelitian yang menghubungkan polusi dengan berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.

Paparan polutan tingkat tinggi di masa kanak-kanak telah terbukti menghambat kapasitas paru-paru, menyebabkan asma, menyebabkan tingkat penyakit pernapasan dan infeksi telinga yang lebih tinggi, serta meningkatkan risiko alergi – dan juga dapat memengaruhi perkembangan otak.

Anak-anak lebih sering terpapar udara kotor daripada orang dewasa karena mereka memiliki laju pernapasan yang lebih cepat, lebih dekat ke tanah, dan lebih sering berada di luar ruangan.

Menurut EEA, di seluruh Eropa, 97% populasi dari segala usia terpapar tingkat polusi udara yang lebih tinggi daripada yang dianggap aman oleh Organisasi Kesehatan Dunia.(T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.