Bahrain Tuduh Qatar Lakukan Eskalasi Militer

Menteri Luar Negeri Shaikh Khaled bin Ahmed Al Khalifa. (Foto: dok Alarabiya)

Amman, 3 Syawwal 1438/27 Juni 2017 (MINA) – Menteri Luar Negeri Bahrain menuduh Qatar menciptakan eskalasi militer dengan membiarkan lebih banyak tentara memasuki wilayahnya.

Bahrain, di samping Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir, memberlakukan boikot terhadap Qatar sejak tiga pekan lalu. Mereka menuduh pemerintah Doha mendukung militan.

Mereka juga kemudian mengeluarkan sebuah ultimatum, termasuk tuntutan bahwa Qatar harus menutup sebuah pangkalan militer Turki di Doha.

Turki adalah pemain regional paling kuat yang berdiri mendukung Qatar dalam krisis negara Teluk ini. Turki telah meningkatkan jumlah tentaranya di Qatar sejak krisis pecah.

“Landasan perselisihan dengan Qatar bersifat diplomatik dan berorientasi pada keamanan, tidak pernah militer,” kata Menteri Luar Negeri Bahrain Sheikh Khalid bin Ahmed Al-Khalifa dalam sebuah pesan di Twitter pada Senin (26/6). Demikian Arab News memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Membawa tentara asing dan kendaraan lapis baja mereka adalah eskalasi militer yang Qatar ciptakan,” tambahnya, tanpa menyebutkan nama Turki.

Dalam tweet sebelumnya pada hari Ahad, Sheikh Khalid mengatakan bahwa gangguan eksternal tidak akan menyelesaikan masalah.

Dua kontingen tentara Turki dengan sejumlah kendaraan lapis baja telah tiba di Doha sejak krisis meletus, bersama dengan 100 pesawat kargo yang sarat dengan persediaan.

Pada hari Ahad, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak ultimatum tersebut sebagai campur tangan yang tidak sah dalam urusan Qatar. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.