Bakamla RI-India Coast Guard Jalin Kerja Sama Keamanan Maritim

Bakamla RI-India Coast Guard Jalin Kerja Sama Keamanan Maritim

Jakarta, MINA – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Indian Coast Guard (ICG) sepakat untuk bekerja sama dalam hal keamanan dan keselamatan maritim.

Kesepakatan dalam bentuk MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Direktur Jenderal Indian Coast Guard K Natarajan secara virtual pada Senin (6/7).

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Markas Besar Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat disaksikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Pradeep Kumar Rawat serta Atase Pertahanan India Captain Amitabh Saxena.

Kedua negara berharap beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kedua pihak dapat ditingkatkan dalam implementasi di masa mendatang.

“Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bakamla RI dan ICG, terutama dalam bentuk pelatihan, lawatan pelabuhan, dan konsultasi bilateral,” kata Kepala Bakamla RI dalam keterangan pers yang diterima MINA, Selasa (7/7).

Menurutnya, Bakamla RI selalu memprioritaskan peningkatan kapasitas, pertukaran informasi, dan langkah-langkah peningkatan kepercayaan dalam kemitraan bilateral.

“Dengan kondisi keamanan dan keselamatan maritim di kawasan dewasa ini, hubungan kemitraan yang baik jauh lebih berharga daripada emas. Hal tersebut membantu terjaganya stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan,” jelasnya.

Sebagai dua negara di samudera hindia, Indonesia dan India memiliki banyak kepentingan yang sama untuk memastikan samudera hindia aman.

“Saya percaya bahwa kita harus terus mengeksplorasi kerja sama yang dapat dilakukan di kawasan samudera hindia, dan untuk itulah naskah kerja sama ini ditandatangani,” tambah Kepala Bakamla RI.

Kerja sama yang telah dilaksanakan antara Bakamla RI dengan ICG antara lain, kunjungan kerja Kepala Bakamla RI pada tanggal 16-18 Desember 2018 di New Delhi, India.

Kegiatan Port Visit Kapal ICG Shaurya pada tanggal 17-20 November 2019 bertempat di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Serta keikutsertaan Bakamla RI dan ICG di kegiatan tahunan Patroli Terkoordinasi INDINDO yang dilaksanakan oleh TNI dan Angkatan Laut (AL) India. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)