DESA TERPENCIL DI PERBATASAN MALAYSIA DAPAT FASILITAS INTERNET

UI
UI

Tanjung Selor, 15 Rabi’ul Awwal 1437/26 Desember 2015 (MINA) – dan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Program Desa Broadband Terpadu di Desa , Kecamatan Sebatik, .

Program ini ditujukan untuk pemberdayaan masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Desa Balansiku adalah desa percontohan yang sukses menjalankan program Desa Broadband Terpadu semenjak diluncurkan pada Oktober 2015.

“Banyak sekali manfaat yang didapat dari program desa broadband ini, utamanya adalah peningkatan ekonomi warga,” ujar Kepala Desa Balansiku, Firman Haji Latif. Laman resmi UI yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Sabtu (26/12).

Ia menambahkan, “Peningkatan ekonomi ini terjadi karena terbukanya akses informasi kepada masyarakat. Masyarakat tidak bisa lagi dipermainkan oleh para tengkulak mengenai harga, karena mereka tinggal mencari perbandingan harga sebenarnya di Google.”

Tidak hanya meningkatkan perekonomian, masuknya internet ke desa juga membuat efektifitas di birokrasi. Pembuatan KTP dan perangkat pencatatan penduduk lainnya bisa dibuat dalam waktu singkat.

Warga desa juga semakin aktif melakukan kegiatan di balai desa dengan adanya jaringan nirkabel (wifi) yang disediakan pemerintah di Balai Desa. “Saya juga kadang mencari bahan sekolah dengan datang kesini membawa laptop atau telepon genggam, sekaligus bertemu dengan teman-teman untuk belajar bareng,” ujar Ilham, salah satu pemandu desa di Desa Balansiku.

Sebuah desa yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini ke depannya ingin mengembangkan program Desa Broadband Terpadu ini dengan membangun titik hotspot gratis di balai desa mereka dengan menambahkan layanan kantin dan perpustakaan gratis yang bisa diakses oleh seluruh warga.

Diharapkan dengan adanya internet, warga Balansiku dapat mengakses informasi-informasi yang tadinya sulit dijangkau karena keterbatasan jarak dan waktu. (T/P006/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.