Bandara Dubai Lumpuh Akibat Banjir

Bandara Internasional Dubai Uni Emirat Arab mengalami kelumpuhan ketika banjir menenggelamkan landasan pacu dan jalan-jalan sekitarnya akibat hujan badai beberapa hari, Selasa, 16 April 2024. (Gambar: Pak Observer)

Dubai, MINA – Bandara Internasional Dubai yang merupakan bandara tersibuk di dunia untuk perjalanan internasional dan pusat maskapai penerbangan jarak jauh Emirates, mengalami kelumpuhan ketika banjir menenggelamkan landasan pacu dan jalan-jalan sekitarnya.

Badai hujan petir hebat melanda Uni Emirat Arab (UEA) sejak Senin yang berlanjut pada Selasa (16/4) sepanjang hari, mengakibatkan banjir besar yang sangat jarang terjadi di negara tersebut. Al Jazeera melaporkan.

Bagi Uni Emirat Arab, ini merupakan curah hujan terbesar dalam 75 tahun, demikian diumumkan Pusat Meteorologi Nasional dan pemerintah negara tersebut melalui media sosial.

Di bandara, genangan air mengalir di jalur taksi saat pesawat mendarat. Bandara akhirnya menghentikan kedatangan pada Selasa malam dan penumpang kesulitan mencapai terminal karena harus melalui air banjir yang menutupi jalan-jalan di sekitarnya.

Baca Juga:  Netanyahu Akan Terus Serang Gaza Meski ICC Terbitkan Surat Perintah Penangkapan

Penerbangan ke bandara Dubai untuk sementara dialihkan sebagai akibat dari “peristiwa cuaca luar biasa yang berkelanjutan yang saat ini dialami di UEA,” kata pejabat Bandara Internasional Dubai pada Selasa waktu setempat dalam sebuah pernyataan.

Bandara Internasional Dubai mengakui pada Rabu pagi (17/4) bahwa banjir telah menyebabkan “pilihan transportasi terbatas” dan mempengaruhi penerbangan karena awak pesawat tidak dapat mencapai lapangan terbang.

Emirates mengatakan, pihaknya menangguhkan check-in untuk penumpang dari Dubai International mulai pukul 08.00 hingga tengah malam pada hari Rabu karena kendala operasional akibat hujan yang terus-menerus. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi