Bangladesh Siap Terima Kembali Rohingya

Dhaka, MINA – Pemerintah menyatakan siap menerima kembali pengungsi jika mereka tidak merasa nyaman setelah dipulangkan ke negara bagian Rakhine, Myanmar.

Menteri Muda Luar Negeri Bangladesh Shahriar Alam mengatakan hal itu. “Jika mereka tidak merasa nyaman, ada kesempatan mereka kembali,” ujarnya. Anadolu melaporkan, Selasa (13/6).

Pengungsi Rohingya di kamp Bangladesh mengeluhkan tidak ada perubahan dalam kehidupan mereka setelah dipulangkan ke Rakhine tanpa hak kewarganegaraan.

Hampir 1,2 juta Rohingya tinggal di Bangladesh, dan sebagian besar dari mereka melarikan diri dari penumpasan militer brutal di Rakhine pada Agustus 2017 silam.

Saat sebagian besar pengungsi masih bertahan di kamp penuh sesak di distrik selatan Cox’s Bazar, sekitar tiga ribu lainnya telah pindah ke pulau Bhasan Char sejak akhir 2020.

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

Kelompok HAM internasional mendesak para pemerintah negara donor dan Serikat untuk menyerukan penundaan pemulangan setiap pengungsi Rohingya hingga kondisinya siap untuk pemulangan yang aman dan berkelanjutan. (R/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.