Bangladesh Tangkap Filantropi Buddhis Rakhine Atas Tuduhan Terorisme

    UNHCR mendata sudah lebih 536.000 warga Rohingya Myanmar mengungsi ke Bangladesh. (Foto: Syed Zakir Hossain)

Dhaka, MINA – Bangladesh menahan U Maung, seorang dermawan Buddhis terkemuka yang badan amalnya beroperasi di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, dengan tuduhan terorisme.

Polisi mengatakan,  filantropi berusia 67 tahun itu ditahan saat ia mencoba naik pesawat ke Myanmar di bnandara internasional Dhaka pekan lalu.

Pihak berwenang baru mengungkapkan sebagaimana dilaporkan Borneo Bulletin, Kamis (26/10), bahwa Maung, yang memimpin Yayasan Pembangunan Rakhaing, telah ditahan setelah diduga ada gambar mencurigakan ditemukan di laptopnya.

“RAB (Batalyon Aksi Cepat) menangkapnya atas tuduhan terorisme pekan lalu di bandara dan menyerahkannya kepada kami,” kata kepala polisi bandara Noor-e-Azam Mia, tanpa merinci tuduhan tersebut.

Baca Juga:  Hujan Deras Robohkan Atap Bandara di India

Kekerasan di Rakhine, yang disamakan oleh PBB dengan pembersihan etnis, telah mendorong lebih dari 600.000 orang Rohingya di Myanmar melarikan di ke Bangladesh sejak Agustus.

Banyak pengungsi di Bangladesh mengatakan tentara dan massa Buddha membantai warga sipil dan membakar desa-desa mereka.

Saudara perempuan Maung, Ayethein Rakhaing, mengatakan saudara laki-lakinya, yang istrinya tinggal di Myanmar, tidak bersalah dan menyebut tuduhan terhadapnya sebagai palsu. (T/R11/RS1)

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: illa