Bangun Generasi Cinta Halal, Bimas Islam Gelar Bimbingan Sadar Halal bagi Pelajar

Jakarta, 15 Ramadhan 1437/20 Juni 2016 (MINA) – Dalam rangka meningkatkan bimbingan, layanan dan penyuluhan masyarakat sadar halal, khususnya bagi pelajar, Ditjen Bimas Islam adakan kegiatan Bimbingan Edukasi Sadar Halal bagi Pelajar di Laboratorium Halal Pusat Kementerian Agama, Jl. Raya Pondok Gede Nomor 29 Pinang Ranti, Jakarta Timur, 13-17 Juni 2016.

Kegiatan dengan tema “Pelajar Muslim Pasti Pilih Produk Halal dan Thayyib” ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi produk halal melalui edukasi dan bimbingan yang diberikan kepada pelajar. Dalam hal ini diharapkan para pelajar dapat membawa perubahan di lingkungan sekitarnya, baik di keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengujian produk bagi pelajar di laboratorium tahun 2015 lalu. Kegiatan diikuti lima Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)/sederajat dan guru pembimbing di wilayah Jabodetabek, dengan jumlah peserta 75 orang, demikian keterangan pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kegiatan dibuka oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhammad Thambrin. Hadir sebagai narasumber; Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, Kasubdit Produk Halal, Siti Aminah dan Para Staf Laboratorium Halal.

Pada kesempatan tersebut, Direktur menyampaikan akan pentingnya bimbingan edukasi sadar halal bagi pelajar. “Karena pelajar sebagai generasi harapan umat, maka pelajar harus mampu menjadi penggiat gerakan masyarakat sadar halal, terutama di sekolah dan keluarga,” tegas laki-laki mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan ini.

Thambrin berpesan agar para pelajar mampu menjadi duta halal di sekolah dan keluarga. Melalui peran serta pelajar, diharapkan jumlah masyarakat sadar halal akan semakin meningkat.

Pada kegiatan ini, selain materi-materi yang dipaparkan oleh para narasumber sebagai teori, praktik pengujian di laboratorium juga dilaksanakan.

Para pelajar melakukan praktik pengujian deteksi unsur babi dan senyawa kimia berbahaya dari suatu produk. Selain melakukan edukasi sadar halal, diharapkan juga mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pelajar di laboratorium.

Para guru pendamping peserta Bimbingan Edukasi Sadar Halal, sangat menyambut baik pelaksanaan acara ini. Di samping sebagai sarana belajar di luar sekolah yang mampu membuka wawasan para siswa, kegiatan ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa agar belajar lebih giat untuk mencapai apa-apa yang mereka cita-citakan. (T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)