Bank Muamalat Lakukan MoU dengan Universitas Telkom 

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom terkait rencana kerja sama dalam lingkup tri dharma perguruan tinggi. (Dok. Istimewa)

Jakarta, MINA – PT Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan terkait rencana kerja sama dalam lingkup tri dharma perguruan tinggi, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan produk perbankan.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan dan Rektor Universitas Telkom yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. Henry Christiadi, Ahad (11/2) di Jakarta.

Indra mengatakan, kolaborasi ini adalah bentuk komitmen pionir bank syariah di Tanah Air ini dalam peningkatan angka indeks literasi dan inklusi keuangan, khususnya keuangan syariah di kalangan sivitas akademika, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ia menjelaskan, di samping itu, perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan merupakan salah satu segmen yang menjadi fokus bisnis Bank Muamalat.

“Fokus bisnis kami saat ini adalah retail individual. Oleh karena itu, selain kerja sama di lingkup tri dharma dan pengembangan SDM, kami juga menawarkan produk dan layanan perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika Universitas Telkom,” ucap Indra.

Salah satu kerja sama yang akan ditawarkan adalah implementasi virtual account secara host to host. Melalui kemitraan ini, mahasiswa Universitas Telkom nantinya dapat melakukan pembayaran uang kuliah melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Potensi sinergi lainnya adalah pengelolaan dana kampus dan dana abadi alumni Universitas Telkom. Bagi hasil dari dana abadi alumni yang ditempatkan di Bank Muamalat bisa digunakan untuk membantu kampus.

Menurut Indra, Bank Muamalat juga menawarkan untuk mengelola administrasi pembayaran gaji (payroll) staf dan dosen Universitas Telkom melalui layanan Cash Management System (CMS) Madina. Sebagai informasi, hingga akhir 2023 Bank Muamalat telah menjalin kerja sama payroll dengan 53 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Adapun terkait literasi keuangan syariah, Bank Muamalat akan melaksanakan program Minterin, yaitu talkshow atau seminar yang dibawakan oleh praktisi perbankan kepada mahasiswa Universitas Telkom.  Ada pula program MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten) yang merupakan program magang bagi mahasiswa tingkat akhir Universitas Telkom di Bank Muamalat. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)