Bank Pembangunan Islam Promosikan Digitalisasi Investasi di Negara-Negara OKI

Jeddah, MINA – Islamic Development Bank () dan Islamic Center for the Development of Trade (ICDT) baru-baru ini menyelenggarakan lokakarya tentang digitalisasi layanan di lembaga promosi investasi di negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam ().

Lokakarya dua hari, yang diikuti oleh 32 pejabat senior dari 29 negara anggota IDB, membahas aspek teknis peningkatan digitalisasi melalui pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik. Arab News melaporkan, Selasa (27/12).

Lokakarya menginformasikan kepada peserta tentang manfaat mengadopsi teknologi digital, faktor penentu keberhasilan transformasi digital dalam promosi investasi, dan tantangan yang dihadapi investasi asing langsung.

Para peserta juga dapat bertukar pandangan tentang peran aktif kepemimpinan lembaga pembangunan internasional, seperti Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan,Pusat Penelitian dan Pelatihan Statistik, Ekonomi dan Sosial untuk Negara-Negara Islam,Korporasi Syariah untuk Asuransi Investasi dan Kredit Ekspor,Komite Tetap Kerja Sama Ekonomi dan Komersial,serta Kantor Koordinasi dan Kamar Dagang Islam.

Lokakarya juga membahas laporan tahunan bersama pertama dari IDB dan ICDT tentang iklim dan peluang investasi di negara-negara OKI.

Laporan tahun 2022 memberikan statistik dan wawasan berharga terkait investasi asing langsung di negara-negara OKI untuk membantu menilai iklim investasi, menganalisis tren investasi utama, mengidentifikasi masalah, dan membentuk kebijakan masa depan.

Para peserta mengakhiri lokakarya dengan rekomendasi untuk menyusun rencana aksi yang mencakup kegiatan untuk memfasilitasi implementasi peta jalan transformasi digital, yang bertujuan untuk mendorong pengembangan investasi sektor swasta. (T/RS2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.