SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bantu Penanganan Bencana, PMI Kirim Mobil Hagglund ke Luwu Utara

Rana Setiawan - Ahad, 19 Juli 2020 - 16:02 WIB

Ahad, 19 Juli 2020 - 16:02 WIB

0 Views

Jakarta, MINA – Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengerahkan satu unit kendaraan Hagglund untuk digunakan sebagai kendaraan taktis di kota masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, yang tertimpa bencana banjir bandang Selasa dini hari lalu (14/7).

Kendaraan hagglund ini dapat beroperasi di medan yang berlumpur yang tidak mudah dilalui kendaraan lain.

Mobil segala medan ini diberangkatkan pada Jumat (17/7) via kapal laut dan diperkirakan akan tiba di Makassar Senin (20/7) selanjutnya akan langsung dibawa ke lokasi bencana.

Ketua Komite Operasi PMI Pusat, Husain Abdulllah mengatakan, pengiriman mobil hagglund tersebut atas instruksi Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla untuk melakukan bantuan operasi evakuasi dan operasi lainnya.

Baca Juga: MUI Serukan Pencegahan Kekerasan Seksual di Pesantren dan Masyarakat

Menurut Husain, mobil hagglund ini sering digunakan oleh PMI di daerah bencana alam yang sulit dijangkau oleh kendaraan lainnya, seperti tsunami Aceh, gunung merapi, gempa dan tsunami Palu, tanah longsor Jawa Barat dan beberapa kota lainnya yang pernah mengalami bencana.

Sementara itu, Banjir Bandang di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang merusak puluhan rumah warga dan mengakibatkan puluhan orang meninggal terjadi Selasa dini hari lalu.

Hingga saat ini proses pemulihan sisa banjir masih berlangsung.

Mengenal Hagglund PMI

Baca Juga: Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

Kendaraan mirip tank ini bernama Hagglunds Bandvagn 206 dikembangkan sebagai kendaraan taktis (rantis) yang digunakan militer Swedia. Sosok rantis imut beroda rantai ini identik dalam penanganan pasca bencana alam.

Saat tim SAR masuk medan berat, Hagglunds Bandvagn 206 (Bv206) inilah yang langsung diterjunkan. Entah untuk melalukan evakuasi atau membawa logistik di wilayah yang sulit dilalui kendaraan konvensional.

Meski lebih moncer digunakan tim PMI, sejatinya rantis asal Swedia ini juga dimiliki oleh Grup 2 Kopassus (Komando Pasukan Khusus) TNI AD dan Satuan Pelopor Polri.

Medan berat tertutup lumpur yang tak bisa dilalui mobil biasa bahkan mobil dengan penggerak 4×4 bisa digantikan perannya oleh Hagglunds ini.(R/R1/RS2)

Baca Juga: Pondok Tahfizh Al-Fatah Muaro Jambi Luluskan Angkatan Pertama

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: UAR Wilayah Jabodetabek-Banten Adakan Pelatihan Navigasi Darat

Rekomendasi untuk Anda

Haji 1445 H
MINA Preneur
Indonesia
Indonesia
Artikel
Dunia Islam