Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bantuan Indonesia untuk Palestina Tiba di Bandara Amman Yordania

Hasanatun Aliyah Editor : Rendi Setiawan - 17 detik yang lalu

17 detik yang lalu

0 Views

Pesawat bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Palestina telah mendarat di Bandara Queen Alia-Jordan, Amman. (Foto: dok. BNPB)

Amman, MINA – Pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk rakyat Palestina telah mendarat di Bandara Queen Alia-Jordan, Amman, Yordania.

Bantuan kemanusiaan tersebut dibawa oleh rombongan delegasi kemanusiaan Indonesia dengan menggunakan pesawat kargo Emirates. Sesaat setelah mendarat, bantuan kemanusiaan senilai kurang lebih USD 1 Juta tersebut kemudian diturunkan dari lambung pesawat.

“Setibanya di Amman, rombongan disambut oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah merangkap Palestina, Ade Padmo Sarwono dan jajaran,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keteranganya, Rabu (23/10).

Serah terima bantuan secara simbolis dari Indonesia diwakili Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Lukmansyah kepada Jordanian Hashemite Charity Organization (JHCO), diwakili oleh Sekjen JHCO, Dr. Husein Al Shebli didampingi Duta Besar RI untuk Yordania merangkap Palestina, Hasyimiah.

Baca Juga: OJK Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah untuk Santri di Kalteng

JHCO merupakan lembaga kemanusiaan yang ditunjuk Pemerintah Yordania untuk menyalurkan bantuan dari berbagai negara ke kawasan Gaza, Palestina.

Bantuan kemanusiaan seberat kurang lebih 52,69 ton tersebut terdiri dari 18 jenis barang-barang kebutuhan seperti makanan siap saji, mie instan, selimut, tenda keluarga, pakaian, obat-obatan, dan berbagai kebutuhan hidup lainnya. Ikut serta pula bantuan kemanusiaan dari Baznas senilai USD 31.887 berupa jaket, selimut dan kantong tidur.

Selanjutnya barang-barang bantuan tersebut akan dikirimkan oleh JHCO ke Jalur Gaza, Palestina.

BNPB berkomitmen memantau perkembangan situasi dan kondisi agar bantuan kemanusiaan dapat diterima dengan baik oleh rakyat Palestina.

Baca Juga: Blinken Desak Israel Beri Akses Kemanusian di Gaza Saat AS Tetap Kirim Senjata

Dengan sampainya bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina melalui Yordania ini, maka tim delegasi telah menyelesaikan misi bantuan kemanusiaan untuk tiga negara yakni Yaman, Sudan dan Palestina.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melepas bantuan kemanusiaan dari Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (14/10).

Kepala BNPB Letjen TNI Dr. Suharyanto mengatakan pengiriman bantuan kemanusian kepada negara sahabat ini merupakan pengiriman yang ke-14 dalam kurun dua tahun terakhir.

Suharyanto berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi negara-negara sahabat.

Baca Juga: Korban Tewas Ledakan Truk Tangki di Nigeria Tambah Jadi 181 Jiwa

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan penderitaan yang sedang dialami oleh saudara-saudara kita di Yaman, Sudan, dan Palestina,” kata Suharyanto.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Irlandia Pertimbangkan RUU Larangan Impor dari Wilayah Pendudukan

Rekomendasi untuk Anda