AS BATALKAN PENGIRIMAN RUDAL HELLFIRE KE ISRAEL

Pentagon
Pentagon

, 18 Syawal 1435/14 Agustus 2014 (MINA) – Pemerintah Amerika Serikat  membatalkan pengiriman Hellfire anti-armor ke ,  dengan alasan Departemen Pertahanan Israel meminta langsung ke Departemen Pertahanan di Pentagon tanpa melalui persetujuan Departemen Luar Negeri AS.

Permintaan Departemen Pertahanan Israel sebelumnya telah disetujui Departemen Pertahanan AS tanpa  sepengetahuan Presiden AS Barack Obama  dan Menlu John Kerry, kata seorang pejabat Gedung Putih kepada Wall Street Journal, sebagaimana diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Seorang diplomat AS juga mengatakan keterkejutannya terhadap Israel yang secara diam-diam meminta untuk itu langsung ke Pentagon.  “Kami dikejutkan (dengan hal ini),” katanya sebagaimana media melaporkan.

Sementara seorang pejabat pertahanan AS bersikeras menyatakan tidak ada maksud untuk melangkahi siapapun terkait permintaan Israel itu. “Ini sudah melalui  prosedur yang seharusnya,” bantahnya.

Menurut seorang sumber yang tidak disebutkan namanya, pejabat Gedung Putih khawatir tentang penggunaan artileri tersebut sebagai ganti rudal presisi untuk menyerang daerah berpenduduk padat di Jalur Gaza.

Wall Street Journal juga melaporkan Israel meminta tambahan dana untuk dari Departemen Pertahanan AS setelah serangan darat ke Gaza dimulai. Sementara pejabat Israel mengatakan kepada AS  pihaknya memiliki cukup amunisi Iron Dome untuk operasi Gaza saat ini, namun mereka katakan tambahan tersebut sebagai cadangan.

Pemerintahan Obama dengan persetujuan Israel memutuskan untuk tidak  memberi dana darurat itu, sebagai ganti akibat tertahannya suara konggres pada proposal bantuan militer sebesar 225 juta USD.

Sementara Gedung Putih tidak punya keraguan untuk memasok bantuan pertahanan buat Israel, termasuk Iron dome,  media Journal juga melaporkan Israel mengambil jalan lain dengan meminta 3 juta dolar AS untuk amunisi mematikan, termasuk mortar 120 mm dan 40 mm illuminating rounds.

Seorang pejabat AS mengatakan untuk ked epan pengiriman bantuan militer AS harus melibatkan level tertinggi di pemerintahannya. Sementara Israel terus mendesak untuk mempercepat pengiriman dana bantuan untuk Iron Dome di sidang Kongres karena mereka beralasan kebutuhan untuk itu sudah mendesak.(L/K01/P03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0