Walikota dari Gaza kunjungi Kabupaten Musi Banyuasin

Musi Banyuasin, MINA – Wali Kota Az-Zawayda di Gaza, Palestina, Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh, akhirnya tiba di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (28/8). Ia berjumpa langsung dengan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

Perjumpaan dua sahabat yang lama terjalin ini membuka perspektif baru hubungan dua daerah. Dodi dan Ayman sepakat membangun sister city, kota kembar yang akan membuka dialog lebih luas dari sudut kemanusiaan, pendidikan, hingga kesehatan.

Sebagai awal kerja sama ini Dodi akan menuju Gaza untuk penyerahan bantuan kemanusiaan. Atas inisiatif ini Ayman sangat bersyukur karena ia merasa di rumah sendiri saat tiba di Kecamatan Sekayu.

“Senyum sangat mahal di negara saya. Namun begitu turun pesawat saya langsung mendapat sesuatu yang sangat langka di negara saya, yaitu senyum. Di Sekayu saya makin bersyukur senyum mengembang selalu ke saya. Ini sebuah berkah bagi saya. Sebuah dorongan, support dan modal sangat berharga untuk perjuangan rakyat kami,” tutur Ayman.

Di waktu dekat juga sudah dipersiapkan konser amal peduli Gaza pada 16 September mendatang di Stable Berkuda.

Kepedulian Bupati Dodi terhadap umat Muslim khususnya di Gaza inilah yang membuat Wali Kota Ayman berkeinginan bertandang ke bumi Serasan Sekate, sekaligus dalam rangkaian keliling negara-negara untuk mengumpulkan donasi bagi warga Gaza yang saat ini sedang berjuang bergerilya untuk peradaban Islam.

“Seluruh umat Muslim dan warga yang ada di Muba akan berjuang bersama-sama untuk Gaza, saya berencana dari pengumpulan hasil donasi konser amal Muba untuk Gaza nantinya akan saya bawa dan salurkan langsung ke jalur Gaza,” tegas Dodi yang juga Dewan Pembina GP Ansor Sumsel.

Dikatakan, dengan membawa langsung hasil donasi untuk warga Gaza tersebut bisa melihat secara langsung perjuangan warga Gaza dan diharapkan dapat mengurangi beban warga di sana.

“Saya sebagai pemimpin di Muba akan menggerakan Muba untuk tetap Istiqomah membantu perjuangan di Palestina ini, support moril dan materil sehingga bisa membantu perjuangan rakyat Palestina yang ada di jalur Gaza,” kata Dodi.

Dodi melanjutkan, tidak hanya konser amal Muba untuk Gaza sebelum ini pihak Pemkab Muba bersama seluruh ASN sudah menyalurkan dan menyisihkan pendapatan yang diperoleh untuk disalurkan ke Gaza.

“Kami dari Muba baik pribadi maupun individu yang bersimpati, telah rela berikan donasi selama ini, kami ucapkan terima kasih melalui KNRP sehingga donasi dari masyarakat bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama di jalur Gaza Palestina,” tuturnya.

Kandidat Doktor Universitas Padjajaran ini juga berencana akan melakukan kerja sama sister city antara Kabupaten Muba dengan Gaza. “Dengan harapan kerja sama sister city ini, apa yang menjadi kebutuhan warga Gaza bisa dibantu Pemkab Muba,” ujarnya. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)