Baznas Batang Beri Pelatihan Usaha Laundry bagi Mustahik

Sejumlah mustahik mengikuti pelatihan usaha cuci pakaian yang digelar Basnaz Batang (Foto: Istimewa)

, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memberi keterampilan jasa cuci pakaian bagi para penerima zakat atau . Selain mendapat mustahik juga diberi bantuan alat usaha berupa mesin laundry.

Wakil Ketua II Bidang Pentasarufan Baznas Batang, Makmun mengatakan, pelatihan membuka lapangan pekerjaan bagi para mustahik atau penerima zakat itu untuk yang ada di sekitar Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

“Sejalan dengan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Tujuannya agar mereka naik tingkat menjadi munfiq atau orang yang berinfak hingga muzakki atau orang yang wajib berzakat,” katanya, Jumat (14/7).

Dikatakan, peserta pelatihan ada 24 orang diiajari cara-cara melayani pelanggan, mengindentifikasi jenis pakaian, membersihkan pakaian sesuai dengan syariat Islam, dan pengemasan pakaian secara rapi.

Selain dibwri pelatihan kepada peserya diberikan bantuan 24 paket mesin cuci dan setrika senilai Rp 43,8 juta, serta 24 paket deterjen dan pengharum cucian senilai Rp 5,7 juta.

Salah satu peserta, Almaidah, mengatakan, selama pelatihan dirinya memperoleh pengetahuan tentang membersihkan pakaian sesuai dengan syariat Islam.

“(Caranya) yakni dengan menghilangkan najis terlebih dahulu, sehingga pakaian tidak hanya bersih, namun juga suci,” ujar warga Petamanan, Banyuputih tersebut. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.