Baznas Bentuk Sekolah Wirausaha

Jakarta, 5 Safar 1438/5 November 2016 (MINA) – Badan Amil Zakat Nasional () meluncurkan lembaga pendidikan dan pelatihan enterpreneurship yang dinamakan Sekolah Wirausaha (Sewira). Lembaga ini melibatkan praktisi, profesional, akademisi serta para tokoh pengusaha muslim sukses dan berkompeten.

“Sekolah Wirausaha BAZNAS mendidik wirausahawan Indonesia untuk bangkit menjadi wirausahawan yang berhasil,” ujar Direktur BAZNAS Arifin Purwakananta kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Jakarta, Sabtu (5/11).

Lembaga itu ditujukan bagi mustahik berumur 19-30 tahun yang memiliki tekad menjadi pengusaha.

Peserta Sewira angkatan pertama memulai proses belajar dengan dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Peduli. Sebanyak 105 peserta dari Jabodetabek mengikuti Kelas Perdana (Matrikulasi) Sewira yang berlangsung Jumat (4/11) lalu sampai dengan Ahad (6/11) di Bogor.

Pada hari itu juga dilakukan pembukaan program perdana yang dihadiri oleh  Kepala Divisi Penghimpunan BAZNAS Faisal Qosim dan Kepala Cabang BRI Tanah Abang John Maruli Tampubolon.

“Melalui program ini, BAZNAS ingin membangun paradigma, jiwa dan mental sukses serta menanamkan nilai-nilai spiritual dan kaidah-kaidah syar’i dalam bisnis,” kata Faisal Qosim.

Dari para alumnus Sewira diharapkan bisa membangun jaringan pengusaha untuk saling membantu dalam mengingkatkan dan mengembangkan usaha. Rencana hingga 2021, BAZNAS bisa mencetak 5.000 orang usahawan baru.

“Setelah mengikuti Sewira, diharapkan nanti santri tidak bingung setelah lulus, harus melakukan apa. Maka dari itu BAZNAS bekerjasama dengan BRI ingin membangun jiwa kewirausahaan para santri”. ujar Faisal. (L/M09/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.