BAZNAS Beri Usaha Kopi Sepeda Gratis Untuk Pemuda Pengangguran

Kopi Sepeda BAZNAS. (Foto: Royhanul Iman/MINA)

 

Jakarta, 19 Rabi’ul Akhir 1438/18 Januari 2017 (MINA) – Lembaga penghimpunan zakat, infaq, sedekah (ZIS), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memgembangkan pogram usaha Kopi Sepeda untuk pemuda-pemuda usia produktif yang belum memiliki pekerjaan, berupa pemberian modal usaha, sepeda, perlengkapan dan pelatihan.

Pada tahap awal ini, program kopi sepeda diterima oleh 50 yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan.

“Mereka yang kita berdayakan ini sebelumnya pengangguran lalu kita bina dan kita berikan modal usaha sehingga mereka dapat produktif,” kata Ketua BAZNAS, Prof Dr Bambang Sudibyo dalam acara Peluncuran Program Kopi Sepeda yang merupakan rangkaian Acara Milad ke-16 BAZNAS di Jakarta, Rabu (17/1) kemarin. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Ia juga mengatakan program tersebut adalah salah satu upaya untuk memberikan solusi lapangan usaha bagi warga kurang mampu. Dengan tampilan yang menarik, usaha kopi sepeda ini diharapkan dapat diterima oleh masyarakat seperti usaha sejenis yang sangat populer di kota-kota besar, utamanya Jakarta.

Pada acara Milad BAZNAS ini, secara simbolik diserahkan bantuan kopi sepeda oleh Prof Bambang Sudibyo kepada perwakilan peserta program.

BAZNAS terus mengembangkan berbagai model program ekonomi berbasis dana zakat bagi warga kurang mampu dan golongan mustahik (penerima zakat) lainnya.

Program ini sejalan dengan Sustainable Development (SDGs) untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian. BAZNAS terus menggencarkan semangat pembangunan dunia berkelanjutan melalui gerakan zakat di Indonesia.

Sebelumnya, BAZNAS membangun tiga lembaga dalam kerangka program pemberdayaan ekonomi dalam waktu berdekatan. yaitu Sekolah Wirausaha (SEWIRA), LP4 (Lembaga Pusat Pengembangan Pertanian dan Peternakan) serta LPMP (Lembaga Pemberdayaan Mustahik Pengusaha). (L/R08/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ismet Rauf