Belitung Angkat Potensi Pariwisata Lewat Sport Tourism

Jakarta, MINA – Bekerja sama dengan PT Ridemoto Prospera Indonesia, Kabupaten Belitung akan mengangkat potensi pariwisata lewat sport tourism dengan menggelar Belitung TT (Throne Trophy) Rally pada 17-18 Agustus 2019, di Tanjung Tinggi – Air Seruk – Sijuk, Pulau Belitung.

Pendaftaran peserta dibuka sejak tanggal 3 Juli 2019 hingga 30 Juli 2019. Rally ini akan diikuti variasi motor mulai dari kapasitas 250cc, 600cc hingga 1000c. Para peserta akan dilepas satu persatu dengan interval 1 menit untuk mendapatkan waktu terbaik dalam menyelesaikan 1 putaran sejauh 30 km.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan, event ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Event sejenis hanya terdapat di Isle Of Man, Inggris Raya, yang berhasil mengangkat nama Isle of Man di dunia pariwisata internasional.

“Event ini akan diadakan tahunan. Dengan melibatkan bikers nasional maupun internasional. Diharapkan dapat meningkatkan pariwisata Pulau Belitung,” ujar Isyak dalam keterangan tertulis, Ahad (28/7).

Isyak menambahkan, dunia otomotif akan semakin maju apabila didukung oleh pemerintah karena dukungan itu akan berpengaruh dengan perkembangan dan kemajuan suatu daerah. Contohnya seperti Pulau Belitung yang sudah terkenal di mata dunia akan keindahan wisata alamnya.

“Kami berharap ini menjadi sport tourism yang sangat menarik bagi Indonesia. Datang menikmati alam yang indah dan juga menyaksikan Belitung menjadi Unisco Global Geopark. Anda juga telah membantu sport tourism yang berkembang pesat di Kabupaten Belitung,” katanya.

Ketua Panitia Belitung TT Rally, Rully Ismet mengatakan, tujuan diadakannya Rally Motor Wisata ini untuk membantu Pariwisata datang ke Belitung apalagi, event ini juga diikuti peserta dari mancanagera.

“Belitung Throne Trophy (TT) Sekelas Internasional baru pertama kali diselenggarakan di Belitung,” ujar Rully.

Ia berharap, event ini menjadi awal yang baik untuk kebangkitan rally Indonesia. Dengan adanya keikutsertaan peserta mancanegara akan membuat komunitas rally nasional dapat menjalin hubungan yang positif sehingga ke depan bisa menjalin kerja sama yang semakin baik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung penuh event sport tourism ini. Dari dulu, dirinya menyarankan Belitung untuk mengembangkan wisata olahraga (sport tourism) sebagai salah satu daya tarik menjaring wisatawan.

“Adakan di sini sport tourism, karena saya melihat Belitung ini mirip Bintan yang sudah mampu mengembangkan wilayahnya sebagai destinasi sport tourism,” kata Arief.

Ia mengatakan, wisata olahraga sesuai untuk dikembangkan bagi Belitung karena segmen wisata tersebut memiliki komunitasnya tersendiri. Oleh karena itu, Menpar juga menyarankan agar ke depan pesawat-pesawat berbadan besar bisa didaratkan di Bandara Belitung.

Sport tourism itu punya komunitas, jadi yang perlu diusahakan itu pesawatnya lebih besar,” pungkasnya. (R/Ast

Mi’raj News Agency (MINA)