BEM UI Keluarkan Pernyataan Sikap Terkait Aksi Mahasiswa 121

Jakarta, 13 Rabi’ul Akhir 1438/12 Januari 2017 (MINA) – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mengeluarkan pernyataan  sikap mengenai aksi yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari di berbagai daerah yang diinisiasi oleh BEM Seluruh Indonesia terkait melonjaknya harga kebutuhan pokok.

Dalam pernyataan yang ditandatangani Ketua BEM UI 2017 Muhammad Syaeiful Mudjab dikemukakan :

1. Setelah melakukan koordinasi antara BEM UI dan BEM Se-UI dalam Chief Executive Meeting (CEM) yang diatur dalam Pasal 12 UUD IKM UI Perubahan tahun 2015 tentang penyikapan politik luar, kami memutuskan bahwa BEM Se-UI tidak melakukan mobilisasi massa untuk Aksi Bela Rakyat 121.

2. Mendukung aksi tersebut sebagai upaya yang sah dan wajar untuk menyuarakan aspirasi sebagai warga negara

3. Tidak melarang jika ada fungsionaris BEM UI 2017 maupun mahasiswa UI yang ingin turut serta dalam aksi tersebut sebagai individu

Kami percaya bahwa upaya melakukan Reformasi Jilid II yang digaungkan dalam aksi tersebut memerlukan pra-kondisi yang belum terpenuhi sekarang. Selain itu, biaya politik dan ekonomi yang akan timbul bisa jadi sangat besar, dan masyarakat, para pembayar pajak lah yang akan menanggung biaya tersebut.

Sekali lagi tanpa bermaksud mengkerdilkan masalah, kami memilih untuk menunggu bagaimana Presiden mempertanggungjawabkan kebijakan Pemerintah yang kurang bijak.

Kami percaya bahwa isu yang diangkat adalah isu yang sangat penting dan berdampak bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, kami sepakat untuk melakukan evaluasi kebijakan. Jika tidak ada itikad baik dalam pemerintah untuk memperbaiki kondisi yang ada, kami akan melakukan mobilisasi massa dalam jumlah yang besar untuk menuntut langsung pemerintah agar bertanggungjawab.

Sebagai penutup, kami memberikan semangat terbaik kami untuk BEM Seluruh Indonesia untuk Aksi Bela Rakyat 121. Semoga aksi besok berdampak dan benar-benar mewakili nurani rakyat.

Demikian Pernyataan Sikap ini kami buat untuk diketahui bersama. Semoga Tuhan senantiasa bersama kita semua dan Pemerintah kedepannya dalam bertindak dengan lebih bijak.

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!
Salam Hangat,
Muhammad Syaeful Mujab
Ketua BEM UI 2017

(R06/P1)

Miraj Islamic News Agency (MINA)