Bentrok Jarak Dekat Antara Pemuda Palestina dan Pasukan Israel di Hebron

Hebron, MINA – Para pemuda Palestina kembali terlibat bentrok dengan pasukan pendudukan Israel di pusat kota Hebron tadi malam, Rabu (12/1) dengan jarak yang sangat dekat.

Sumber-sumber lokal seperti dikutip dari PIC, bentrokan terjadi di daerah Bab Al-Zawiya di Hebron tengah, di mana pemuda Palestina melemparkan batu ke pasukan pendudukan dari jarak yang sangat dekat.

“Pasukan pendudukan menembak dan menembakkan tabung gas beracun ke para pemuda, di tengah pengerahan militer yang intens, dan mencegah kehadiran warga di daerah itu,” ungkap sumber itu.

Menurut sumber itu, konfrontasi itu bertepatan dengan kegiatan pemukim yang terus menyabotase dan menggali pintu masuk ke Masjid Ibrahimi di bawah perlindungan pasukan pendudukan Israel, sebagai bagian dari proyek Yudaisasi terhadap masjid dan halamannya.

Sebelumnya, pendudukan membawa derek besar untuk mengangkat karung-karung lumpur yang ditimbunnya dari halaman luar masjid, yang ditutup dengan tenda yang dipasang seminggu lalu di pintu masuk masjid.

Daerah Bab Al-Zawiya berubah menjadi medan perang dan konfrontasi berulang dengan pasukan pendudukan, karena berada di jalur kontak dengan situs militer dan pertemuan pemukim.

Bab Al-Zawiya Square dikelilingi oleh banyak situs militer dan pertemuan pemukiman yang didirikan setelah operasi heroik Debweya yang terjadi di jantung Jalan Al-Shuhada pada tahun 1980, di mana enam pemukim tewas.

Selama 25 tahun, pendudukan telah menerapkan kebijakan pemisahan wilayah yang dinyatakan di pusat kota Hebron, yang bertujuan memungkinkan pemukim untuk menetap di jantung kota Palestina.

Kantor Informasi Tahanan menegaskan, selama tahun 2021, pendudukan meningkatkan kampanye penangkapan terhadap warga kota Hebron, yang merupakan salah satu kota yang paling banyak penangkapan setelah menduduki Yerusalem, terpantau sudah 800 penangkapan dari kota itu pada tahun lalu.

Media para tahanan menjelaskan, desa dan kota-kota Hebron selama setahun terakhir menjadi sasaran ratusan penggerebekan, kampanye pencarian dan serangan terhadap warga, termasuk perempuan dan anak-anak, tanpa hak. Mengklaim bahwa itu dimaksudkan untuk mendukung perlawanan. (T/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.