Biaya Tinggi Paksa Mahasiswa Gaza Putus Kuliah (Oleh: Ola Mousa, Gaza)

Bahaa Naji, seorang mahasiswa asal Gaza, Palestina merasa tidak punya pilihan selain meninggalkan perguruan tinggi. Hingga saat ini, keluarganya mengelola sebuah restoran kecil di al-Shujaiyeh, lingkungan di Gaza City. Namun restoran itu telah bangkrut di tengah pandemi COVID-19.

Tidak dapat membayar biaya sekolah, Naji keluar dari Universitas al-Azhar di Gaza awal tahun ini. Dia sebelumnya berharap bisa lulus dalam ilmu fisika dan kemudian melanjutkan studi lebih lanjut di luar negeri.

Dia tidak yakin apakah harapan itu akan terwujud. “Masa depan saya terancam,” kata pemuda berusia 21 tahun itu. “Itu mengejutkan dan membuatku sedih.”

Biaya sekolah Naji mencapai sekitar $ 1.200 per tahun.

“Mata rantai terlemah”

Sekitar 35 persen telah berhenti kuliah di tahun lalu.

Kampanye untuk mengurangi biaya sekolah dibentuk pada 2015. Ibrahim al-Ghandour, koordinatornya, mengatakan bahwa otoritas perguruan tinggi di Gaza sejauh ini menolak untuk menerima tuntutan kampanye.

Dia mengeluh bahwa pihak berwenang terbukti tidak fleksibel meskipun kesulitan keuangan yang parah dihadapi oleh sejumlah besar mahasiswa dan keluarga mereka.

“Sayangnya, universitas menyalahkan mahasiswanya, yang merupakan mata rantai terlemah,” kata al-Ghandour. “Mereka juga menolak untuk berurusan dengan kami [para pemimpin kampanye] atau bahkan untuk menanggapi pertanyaan kami.”

Kekurangan dana yang lebih luas telah memperburuk situasi.

Banyak dosen di universitas belum dibayar selama pandemi.

Namun, masalah yang menyelimuti pendidikan Gaza dimulai jauh sebelumnya. Karena mereka tidak menerima dana publik yang mencukupi, universitas Palestina sangat bergantung pada biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa.

Kemiskinan yang meluas juga berdampak buruk. Al-Ghandour mengutip perkiraan bahwa sebanyak 40 persen anak muda yang putus sekolah pada 2019 tidak dapat melanjutkan ke universitas karena keluarga mereka terlalu miskin.

Shireen Hammad (22) telah berusaha sekuat tenaga untuk tetap kuliah.

Karena orang tuanya menganggur, Hammad meminjam uang agar dia bisa belajar keperawatan di Universitas al-Azhar. Namun, uangnya baru-baru ini habis dan dia telah meninggalkan perguruan tinggi itu di tahun keempatnya.

Dia berharap bisa bergabung kembali dengan universitas tidak lama lagi, asalkan dia dapat menemukan sejumlah uang yang diperlukan untuk biayanya.

“Banyak wanita muda di Gaza tidak diberi kesempatan untuk belajar,” katanya. “Sangat mengecewakan bagi saya. Saya suka keperawatan. Tapi saya tidak akan bisa kuliah setidaknya selama satu tahun lagi. ”

“Tidak ada harapan”

Hibah dan beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa paling terkemuka di Gaza.

Samir Hijju (20) berharap mendapat bantuan seperti itu. Dalam ujian terakhirnya, dia menempati posisi kedua di kelasnya.

Namun, dia tidak dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah atau beasiswa. Tidak dapat membayar biaya, dia sekarang telah meninggalkan Universitas Palestina di Gaza, tempat dia belajar teknik pertanian.

Hijju mengaku telah berusaha sendiri untuk membayar biaya kuliah agar beban keluarganya bisa berkurang. Dia bekerja sebagai pelayan, tetapi pekerjaan itu terhenti di tengah pandemi.

“Kondisinya saat ini sulit,” ujarnya. “Tidak ada harapan untuk mendapatkan pekerjaan. Segala sesuatu dalam hidup kita telah dihentikan karena virus corona. ”

Keluarga dengan lebih dari satu anggota di universitas harus membuat pengorbanan yang menyakitkan.

Bashar dan Muhaned Abu al-Rus sama-sama putus kuliah sehingga kakak mereka Sameh dapat menyelesaikan studinya di kedokteran gigi. Keluarga mereka mengalami kesulitan keuangan yang parah karena ayah mereka kehilangan pekerjaan baru-baru ini.

“Saat kami di universitas, kami sepenuhnya sadar bahwa kami tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah kami lulus,” kata Muhaned, yang telah mempelajari analisis laboratorium. “Namun dalam keadaan seperti ini, kami bahkan tidak mendapatkan kesempatan untuk lulus.”

Menurut Biro Pusat Statistik Palestina, tingkat pengangguran secara keseluruhan di Gaza lebih tinggi dari 43 persen pada akhir 2020.

Untuk orang yang berusia antara 25 hingga 29 tahun, tingkat pengangguran lebih dari 60 persen.

Salam al-Agha, Kepala Universitas Gaza, memperdebatkan pengeluaran publik yang lebih tinggi untuk pendidikan.

Itu, menurutnya, adalah satu-satunya cara untuk mengurangi biaya yang sering kali mahal yang dihadapi mahasiswa. Dokter pemula, misalnya, harus membayar biaya sekolah hampir $ 3,000 per tahun.

“Biaya belajar kedokteran terlalu tinggi,” katanya.

“Beberapa universitas tidak dapat menurunkan biaya karena mahalnya biaya untuk menjalankan kursus. Orang-orang muda kehilangan pendidikan. Kami membutuhkan pemerintah untuk campur tangan dan memastikan bahwa generasi muda kami memiliki masa depan.” (AT/RI-1/P2)

 

Sumber: The Electronic Intifada

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.