Biro Statistik Palestina: Israel Eksploitasi 76 Persen Area C di Tepi Barat

Ramallah, MINA – Biro Pusat Statistik melaporkan, Rabu (30/3), mengeksploitasi 76 persen wilayah Area C di Tepi Barat yang diduduki.

“Pendudukan Israel secara langsung mengeksploitasi 76 persen dari total area yang diklasifikasikan Area C,” laporan Biro menandai peringatan 46 tahun Hari Tanah. MEMO melaporkan.

Di bawah Kesepakatan Oslo 1995 antara Israel dan Otoritas Palestina, membagi Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur menjadi tiga bagian, yaitu Area A, B, dan C. Area C di bawah kendali administratif dan keamanan Israel.

Di Area C yang disita oleh Israel, digunakan antara lain untuk tujuan militer, sementara penghalang pemisah telah mengisolasi lebih dari 10 persen Tepi Barat .

Secara total, pernyataan menambahkan, pendudukan Israel mengeksploitasi lebih dari 85 persen dari total luas tanah di Palestina yang bersejarah .

Diperkirakan juga, sekitar 712.815 pemukim Israel tinggal di 151 di Tepi Barat.

Laporan juga mencatat, lebih dari 12.000 unit pemukiman disetujui oleh pemerintah Israel di Tepi Barat yang diduduki pada tahun 2021, sementara 1.058 bangunan Palestina dihancurkan. (T/RS2/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.