Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BMKG: Gempa Aceh Akibat Aktivitas Sesar Besar Sumatera Segmen Barat-Andaman

Insaf Muarif Gunawan - 21 detik yang lalu

21 detik yang lalu

0 Views

Informasi Gempa yang dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar terjadi pada Minggu (20/10/2024) di Kota Sabang. (Foto. BMKG Aceh Besar)

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (21/10) mengatakan, pemicu gempa bumi Kota Sabang, Aceh, Ahad (20/10) malam akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera pada segmen barat-Andaman.

Sebelumnya Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang Teguh Suprapto mengatakan, gempa yang kembali mengguncang Sabang malam ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Demikian keterangan yang diterima MINA.

“Meskipun episenter gempa berada di laut dengan kedalaman yang dangkal, tidak ada potensi tsunami dari gempa ini,” jelasnya, Ahad (20/10).

Kepala Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, mengatakan bahwa aktivitas pergerakan sesar segmen barat-Andaman menimbulkan gempa tektonik yang tergolong dangkal.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Jakarta Cerah Berawan Selasa Ini

Pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 7 kilometer dengan koordinat 5.31° Lintang Utara (LU) dan 94.34° Bujur Timur (BT), atau berjarak 126 kilometer dari arah barat daya Kota Sabang.

BMKG mengkonfirmasi berdasarkan hasil desimenasi data analisis pada pukul 23:13 WIB, Gempa ini dirasakan beberapa saat di sejumlah wilayah di Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar dengan skala intensitas II MMI.

Gempa dangkal yang memiliki parameter terkini dengan magnitudo 4,8 tersebut dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG belum mendapatkan adanya gempa bumi susulan hingga pukul 00:02 WIB, dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Baca Juga: Soal Gizi Anak, Presiden Perlu Optimalkan SDA dan Penciptaan Lapangan Kerja

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang diragukan kebenarannya kecuali hasil analisis peristiwa yang menyeluruh dilaporkan oleh BMKG, dan selalu mengikuti panduan mitigasi dampak bencana dari Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Aceh. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Legislator Harapkan Prabowo-Gibran Hadirkan Perubahan Signifikan Bagi Bangsa

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
hujan-pics4world
Indonesia