BOM BUNUH DIRI TEWASKAN 31 ORANG DI IRAK

Anggota milisi Syiah merebut Jurf al-Sakhr, kota Sunni, dari Isil, Minggu (Reutres)
Anggota milisi Syiah merebut Jurf al-Sakhr, kota Sunni, dari , Minggu (Reutres)

Baghdad, 4 Muharram 1436/ 28 Oktober 2014 (MINA) – Setidaknya 31 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam dua ledakan di Irak, termasuk salah satu yang menargetkan para pejabat keamanan di selatan ibukota Baghdad.

Dalam ledakan pertama pada Senin, sebuah pembom mobil bunuh diri menewaskan sedikitnya 21 anggota milisi Syiah dan melukai 37 lainnya di kota, 50 km dari Baghdad, seorang pejuang dari Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) atau didesak keluar dari wilayah persembunyiaan mereka.

Sumber mengatakan kepada Al Jazeera yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) seorang pembom bunuh diri meledakkan bahan peledak di dekat sebuah pos pemeriksaan yang dijaga oleh pasukan keamanan dan milisi sekutu di Jurf al-Sakhr.

ISIS merebut kota strategis Sunni pada Juli, yang biasanya dilalui oleh peziarah Syiah saat mereka menuju ke kota Karbala.

Jamaah akan mengambil rute dalam beberapa pekan mendatang untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein, di Karbala.

Dalam insiden kedua Senin, sebuah mobil bermuatan bom meledak di distrik Karrada, Baghdad, menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai puluhan lainnya, polisi dan sumber medis mengatakan.

Koresponden Al Jazeera, Imran Khan melaporkan dari Baghdad, ledakan keras bergema di ibukota dan ledakan terjadi di sebuah daerah perumahan yang telah sering menjadi target serangan dalam beberapa bulan terakhir.

Serangan itu terjadi di jalan yang padat dengan aktivitas harian seperti toko-toko dan restoran, dan menjadi rumah kedua kaum Syiah dan Muslim Sunni serta sekte lain dan kelompok etnis.

Sejak awal tahun ini, Irak telah menghadapi peningkatan angka kekerasan yang menargetkan lingkungan Syiah. Militan yang disebut sebagai ISIS atau ISIL berusaha untuk mengkonsolidasikan kontrol atas wilayah di barat dan utara negara itu.(T/P004/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0