BPBD DKI Jakarta: Cuaca Penyebab Banjir

Jakarta, MINA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan, faktor cuaca menjadi penyebab yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta.

Seperti diketahui, intensitas hujan tinggi terjadi sejak Jumat, (15/7) malam, demikian  keterangan tertulis, Sabtu (16/7) Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf.

Ia mengungkapkan, faktor cuaca di sekitar Pulau Jawa menyebabkan intensitas hujan tinggi menjadi penyebab terjadinya banjir di beberapa wilayah.

“Analisis sementara penyebab hujan kemarin dan hari ini, adanya penjalaran massa udara basah di sekitar Pulau Jawa karena adanya gelombang atmosfer seperti Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin. Asupan massa udara basah dari Samudra Hindia karena aktifnya Dipole Mode Index (IOD),” kata Insyaf.

Lebih lanjut, Insyaf mengatakan, jajarannya sudah disiagakan untuk memantau semua titik banjir itu. Pihak kelurahan dan kecamatan setempat juga sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air DKI untuk melakukan penyedotan banjir.

“Petugas BPBD disiagakan memantau semua genangan di semua kelurahan dan mengkoordinasikan pihak Sudin SDA untuk melakukan penyedotan genangan-genangan bersama lurah dan camat,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui atau berada dalam keadaan darurat bisa menghubungi BPBD DKI Jakarta di nomor 112. Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memantau perkembangan banjir. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.