BRI-Muamalat Kerja Sama Transaksi Jual Beli Uang Kertas Asing

Jakarta, MINA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan kerja sama (banknotes) dengan Bank pada Rabu (13/10) di Jakarta.

Bisnis Money Changer telah dijalankan sejak tahun 2011. BRI telah melayani jual beli 22 mata uang kertas asing di seluruh unit kerja BRI yang berjumlah lebih dari 1.000 (seribu) outlet termasuk tujuh bandara utama di Indonesia serta gerai di lokasi pariwisata yaitu Ngurah Rai dan Labuan Bajo.

“BRI mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dengan Bank Muamalat ini, khususnya dalam mendukung jasa perbankan syariah. Salah satu cara terbaik dalam memperluas pasar, melalui kerjasama dengan Bank Muamalat yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Kami berharap kerjasama strategis ini dapat berjalan dengan sukses dan berkelanjutan,” kata Division Head International Business Division BRI Trihartono.

Seiring dengan dibukanya kembali pintu bagi Jamaah asal Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah sesuai Nota Diplomatik Kedutaan Arab Saudi pada 8 Oktober 2021 dan dibukanya pintu penerbangan internasional dari dan ke Indonesia, diharapkan kebutuhan akan mata uang asing akan meningkat.

BRI memiliki reputasi yang sangat baik di bisnis money changer yang ditunjukkan dengan kepercayaan pemerintah kepada BRI dalam hal penyediaan bank notes Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk Living Cost Jamaah Haji dan mendistribusikannya ke 19 embarkasi haji di seluruh Indonesia selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2013.

Kerjasama transaksi jual beli banknotes ini dapat dilaksanakan di seluruh unit kerja Bank BRI dan Bank Muamalat dengan cepat, mudah, dan aman, serta dapat menggunakan mekanisme same currency dengan kurs yang kompetitif.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Kolaborasi ini sangat strategis karena masing-masing bank memiliki keunggulan tersendiri. Sebagai Bank Pertama Murni Syariah, kami memiliki basis nasabah yang luas dan loyal, khususnya dalam segmen haji dan umroh serta islamic business lainnya,” kata Moh. Madina Hendrik Soe’oed,  Head of Global Market Bank Muamalat.

Selain bisnis Banknotes kata Moh, Bank Muamalat Indonesia juga melayani kebutuhan nasabah atas transaksi forex TT dan lindung nilai. Insya Allah kerja sama ini akan berjalan lancar dan dapat berlanjut dalam lingkup yang lebih luas lagi. (R/R4/RI-1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)