BRUNEI KOMITMEN DUKUNG PALESTINA MERDEKA

Sultan Brunei Darussalam,  Sultan Haji Hassanal Bolkiah. (Foto: MINA)
Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah. (Foto: Nidiya/MINA)

Jakarta, 3 Rajab 1436/22 April 2015 (MINA) – Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah mengatakan rakyat dan pemerintahnya berkomitmen untuk terus mendukung dan membantu perjuangan rakyat Palestina meraih kemerdekaannya.

“Kami akan terus membantu Palestina merdeka. Kami melihat ada harapan bagi Palestina melalui forum ini untuk segera menyatakan kemerdekaannya,” ujar Sultan dalam pidatonya di Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4).

Sultan juga mendukung sebuah resolusi untuk Palestina, dengan menghentikan penjajahan dan intervensi militer penjajah Israel terhadap rakyat Palestina.

“Saya menghimbau kepada seluruh peserta Konferensi Asia-Afrika ini agar mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Sultan Bolkiah.

Dalam pidatonya, ia juga menyatakan Brunei siap membantu negara-negara yang tertimpa bencana dan mengalami krisis keamanan. Brunei juga siap mengirimkan relawan sekaligus dana untuk pembangunan infrastruktur bagi negara-negara yang sedang mengalami krisis.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama antara negara-negara Asia-Afrika untuk meningkatkan kesejahteraan. Brunei siap melakukan pertukaran pelajar dan memfasilitasi pendidikan untuk mahasiswa asing sesuai dengan perjanjian kerjasama,” ujarnya.

Pertemuan Tingkat Tinggi para Kepala Negara akan berlangsung 22-23 April, yang dihadiri oleh utusan dari 86 negara, termasuk 32 kepala pemerintahan, yang akan diakhiri dengan Peringatan 60 Tahun KAA di Bandung, Propinsi Jawa Barat, 24 April 2015.(L/P008/R05)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0