Bulan Malam Ini Tepat di Atas Ka’bah

Jakarta, MINA – Bulan akan berada tepat di atas Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada Senin (24/12) dini hari, tepatnya pukul 01.31.01 waktu Arab Saudi.

Waktu itu juga bertepatan dengan Senin pukul 05.31.01 Waktu Indonesia Barat (WIB) atau pukul 10.31.01 Greenwich Mean Time (GMT) London, Inggris.

Fenomema alam tersebut diumumkan oleh sebuah pernyataan dari lembaga Pusat Observasi Falak dan Rukyat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) pada Ahad di Jakarta.

“Cahaya bulan dari pantulan matahari 97,9 persen dan jarak jauh antara bulan dengan bumi 361.244 km,” kata pernyataan tersebut.

Fenomena ini sama dengan fenomena matahari yang dua kali dalam setahun berada persis di atas Ka’bah, sehingga bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Ketika keselarasan ini terjadi, Ka’bah tidak membentuk bayangan. (L/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.