Bupati Pelalawan Kepri Luncurkan Program Magrib Mengaji

Bupati Pelalawan HM Harris. (Foto: InfoPublik)

Pelalawan, 20 Sya’ban 1438/17 Mei 2017 (MINA) – Membaca Al-Qur`an atau sejak dulu telah menjadi budaya masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Pelalawan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Untuk mempertahankan budaya tersebut, Bupati Pelalawan, Kepri,  HM Harris akan meluncurkan Program secara serentak seluruh kecamatan se-Kabupaten Pelalawan di Masjid Besar Al-Muttaqin Kecamatan Pangkalan Kerinci pada hari Selasa (23/5) mendatang, demikian laporan InfoPublik yang dikutip MINA, Kamis (18/5).

Informasi ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris melalui Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan Setdakab Pelalawan Drs Zulhelmi MSi didampingi Kabag Kesra Setdakab Pelalawan Akmamul Hadi SSos, di ibukota Pangkalan Kerinci, beberapa hari lalu.

Baca Juga:  UIN Ar-Raniry Diharapkan Jadi Penggerak Moderasi Beragama

Akmamul mengatakan, gerakan Magrib Mengaji adalah program yang menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Pelalawan agar setiap anak-anak usia sekolah belajar membaca dan memahami Al-Qur’an pada waktu setelah salat magrib sampai menjelang salat isya.

“Ya, gerakan Program Magrib Mengaji merupakan program Pemkab Pelalawan untuk membudayakan membaca Al-Qur`an setelah salat Magrib di kalangan masyarakat. Launching magrib mengaji ini akan diresmikan langsung oleh Bupati HM Harris,” ujarnya.

Lanjutnya, program magrib mengaji sudah menjadi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2016. Adapun tujuan dibuat program Magrib Mengaji ini adalah menghidupkan kembali tradisi membaca Al-Qur`an setiap selesai salat Magrib di seluruh pelosok dan masjid yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

“Untuk mensukseskan gerakan Magrib Mengaji, maka saya meminta kepada seluruh Camat, Lurah, RW dan RT untuk berkoordinasi dengan para Penyuluh Agama Islam untuk melaksanakan gerakan magrib mengaji di daerah masing-masing,” sebutnya.

Sebelum peluncuran program Magrib Mengaji ini digelar, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kemasyarakat. Kalau program ini sudah diluncurkan oleh Bupati Pelalawan, agar program ini berjalan dengan baik, pihaknya akan membentuk tim motivator di setiap kecamatan, kelurahan dan desa yang bertujuan melakukan pengawasan dan sosialisasi setiap saat.

“Kita sudah melakukan sosialisasi pada bulan lalu kepada masyarakat. Untuk itu, maka saya berharap dengan adanya program ini, dengan mulai pudarnya Magrib Mengaji disetiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pelalawan, mulai hidup kembali dan dapat dijadikan sebagai cara untuk memberantas masyarakat muslim yang buta membaca Al-Quran,” pungkasnya. (T/R01/RS2)

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.