Bupati Semarang Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik

Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat melakukan panen raya padi bersama Gapoktan Mandiri Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang (Foto: Humas)

Semarang, MINA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang, Jawa Tengah, ajak untuk melaksanakan gerakan pemurnian . Gerakan itu dimaksudkan untuk membersihkan tanah dari berbagai zat kimia.

Ajakan itu disampaikan Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat melakukan panen raya padi di wilayahnya bersama gabungan kelompok tani () Mandiri Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang, Selasa (18/7).

“Caranya, dengan menggunakan pupuk kandang maupun secara bertahap dan berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, program itu juga untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia. Pemkab Semarang mendorong petani untuk membuat pupuk organik bersama para penyuluh.

“Kami juga menggandeng para siswa SMK Pertanian, untuk ikut serta bekerja sama dengan petani memasyarakatkan pertanian organik,” ujarnya.

Baca Juga:  Hardiknas 2024, Ketum ICMI Berpesan Agar Masyarakat Terus Belajar

Ketua Gapoktan Mandiri Ismail Saleh mengatakan, panen raya Bupati dengan Gapoktan dilakukan di lahan 1500 meter persegi. Di lahan tersebut para petani menanam padi varietas unggul Mapan 05 dengan dua pola.

“Yakni, pemupukan berimbang dan organi,” katanya.

Menurutnya, penggunaan pupuk kandang bersama pupuk kimia dimaksudkan untuk mengembalikan kesuburan tanah. Di lahan seluas 1.500 meter dengan pola organik murni, diperoleh hasil panen 1,7 ton gabah kering panen (GKP). Sedangkan di lahan dengan pemupukan berimbang antara pupuk kandang dan kimia, diperoleh hasil 11 ton.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tuntang Hety Rusmini menegaskan, para penyuluh siap mendampingi para petani memanfaatkan pupuk organik.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, Mahasiswa Unpad Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

“Hasil panen varietas unggul Mapan 05 dengan pemupukan berimbang terbukti sangat bagus. Dari potensi 12 ton per hektare, kemarin kita ubin bisa mencapai 10,9 ton,” terangnya. (L/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.