Catatan dr. Ben: 77 Tahun Indonesia Merdeka

Oleh: Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dr. Sarbini Abdul Murad

 

Hari ini kita merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun. Perayaan hari kemerdekaan merupakan bentuk syukur kita kepada Allah, karena atas rahmat-Nya kita bisa merasakan nikmat kemerdekaan.

Hari ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga dan harta dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sebagai generasi pelanjut, kita mesti meneruskan perjuangan mereka dalam bentuk yang berbeda. Mengisi kemerdekaan mempunyai tantangan tersendiri, apalagi di zaman digital sekarang ini. Dimana dunia tanpa batas, informasi berseliweran tanpa filter. Setiap hari kita disuguhi informasi yang begitu dahsyat.

Istilah saat ini, warganet atau netizen bebas menyampaikan apa saja berita atau informasi, kata-kata kasar dengan menghina serta merusak nama baik orang lain, tak perlu dan tak ingin mengklarifikasi. Hal ini mengakibatkan keakraban anak bangsa jadi terlukai.

Kami anak bangsa yang telah mengalami bagaimana pahitnya perpecahan sesama elemen anak bangsa, yang menggoyangkan persatuan dan persaudaraan yang pernah dirintis oleh leluhur kita, mengharapkan di usia ke-77 tahun kemerdekaan ini, segala keretakan yang terjadi karena pilihan politik yang berbeda seyogyanya kita lupakan.

Pekerjaan rumah kita masih banyak. Pandemi telah sedikit banyak menggoyahkan sendi perekonomian. Sekarang, kita mesti bangkit mengejar pertumbuhan dan pemerataan, karena tokoh dunia dengan optimis mengatakan bahwa di tahun 2030 atau di usia kemerdekaan yang 85 tahun Indonesia akan menduduki ranking 5 besar ekonomi dunia.

Di samping itu, tidak kalah penting adalah memastikan keadilan dan kepastian hukum berjalan dengan benar dan sesuai dengan cita-cita konstitusi kita. Bila itu masih jauh dari harapan, maka cita-cita kemerdekaan belumlah sesuai harapan.

Perjuangan masih panjang, tantangan semakin berat, namun semangat persatuan dan persaudaraan harus terus kita rajut. MERDEKA! (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.