Cegah Kanker Serviks, MUI-Baznas Adakan Program Test Iva

Bali, MINA – Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan Program Nasional Inspeksi Visual Asam Asetat (Test Iva).

Ketua Komisi Perempuan Remaja, dan Keluarga (MUI), Siti Ma’rifah mengatakan, Program Nasional Test Iva merupakan upaya untuk mencegah kanker Serviks bagi perempuan di 34 Provinsi se-Indonesia.

“Kegiatan ini akan mengedukasi perempuan dalam melaksanakan tes Iva agar mengetahui secara dini dan mencegah adanya kanker serviks,” kata Mar’rifah dalam seminar dengan tema ‘Perempuan Indonesia Sehat, Generasi Saleh dan Kuat’, di Denpasar, Bali, Ahad (29/11).

Ia mengatakan, banyak sekali perempuan tidak peduli dengan masalah kesehatannya. Untuk itu sangat baik kerja sama KPRK MUI dengan Baznas.

Sementara Pimpinan Baznas Saidah Sakwan mengatakan, pendeteksi secara dini bisa mengantisipasi perempuan tidak mengidap kanker serviks dan kanker rahim.

“Sebagian besar penderita kanker serviks dan kanker rahim baru menyadari saat kondisinya sudah mulai parah. Disebabkan kurangnya edukaai tentang penyakit kanker,” ujarnya.

Kegiatan diawali Road Show KPRK MUI dengan Lembaga Kesehatan MUI bekerjasama dengan Baznas dalam menjalankan test Iva di 34 Provinsi se-Indonesia dalam waktu November dan Desember 2021.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pengurus MUI Provinsi Bali, Pimpinan Ormas Islam Perempuan se-Bali.

Selain itu hadir Ketua KPRK MUI Pusat, Pengurus Baznas Pusat serta Pemprov Provinsi Bali dan Pemkot Denpasar.

Pelaksanaan test Iva diadakan pada Sabtu -Ahad, 27-28 November 2021 di Rumah sehat Madani, Denpasar, Bali diikuti 200 peserta Ormas Islam se-Bali. (R/R4/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.