Chevron Indonesia, Dompet Dhuafa Resmikan Puskesmas Plus

Medana, Kabupaten , MINA – Indonesia berkolaborasi dengan Lembaga Filantropy Islam Dompet Dhuafa (), melakukan upaya aktif dengan membangun infrastruktur sarana kesehatan publik berupa Puskesmas Pembantu Plus (Pustu Plus).

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Nasyith Majidi mengatakan, sarana kesehatan tersebut berdiri megah di desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan PT Chevron yang bergandengan tangan dengan Dompet Dhuafa mengerjakan sesuatu dalam memberikan pelayanan. Kami sangat bersyukur karena amanah tersebut bisa dikerjakan. Pembangunan Pustu ini lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, semoga kerja sama kedepan semakin erat untuk mengerjakan yang lebih baik,” terang Nasyith daalam acara serah terima gedung Pustu Medana, Senin (27/7) secara daring (online).

Ia menjelaskan, pembangunan Pustu tersebut, melibatkan masyarakat sekitar yang digawangi oleh DD Konstruksi, yang merupakan unit usaha sosial DD. Ini sebagai wujud penyempurnaan sarana layanan kesehatan yang ada di masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Dompet Dhuafa melengkapi fasilitas yang telah ada.

“Keberadaan Pustu Medana disiapkan sebagai fasilitas layanan kesehatan tingkat pratama yang melakukan upaya kesehatan dalam bentuk promotif, preventif dan rehabilitatif yang merupakan Pustu pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kemudian juga menyediakan layanan dokter, perawat dan bidan di satu lokasi.Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut. Tentunya dengan memerhatikan standar prosedur keselamatan,” ucap Nasith.

“Terima kasih kepada Chevron dan Dompet Dhuafa atas terbangunnya pustu di Lombok Utara pasca gempa. Ini adalah terobosan dan upaya dari pemerintah dan masyarakat luas. Pustu plus hadir sebagai pelayanan terpadu dari sumber daya kesehatan yang dimiliki. Semoga pustu plus dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Dr. Lalu Bahrudin.

Sejak bulan Februari pembangunan sudah selesai 100 persen dikerjakan, dalam proses pembangunan, kolaborasi Chevron dan Dompet Dhuafa juga tetap bekerja sama secara aktif dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara sebagai pemangku kepentingan setempat. Sehingga prosedur pembangunan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

Pembangunan Pustu Medana pada akhir September 2019, ditandai dengan peletakan batu pertama dan dihadiri oleh Bupati Lombok Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Sr. VP Corporate Affairs PT. Chevron dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa. Peralatan medis yang memadai juga dihadirkan untuk mendukung operasional Pustu Medana. Dana pembangunan Pustu berasal dari sumbangan para karyawan Chevron yang bekerja di Riau, Kalimantan Timur dan Jakarta.

“Pustu ini bagian dari empati kita pasca gempa yang berimbas bagi masyarakat Lombok Utara. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam rekontruksi pasca bencana dan hari ini pustu yang kita harap sebagai pendongkrak kegiatan selepas gempa di Lombok Utara, dapat termanfaatkan dengan baik,” jelas Sr. Vice President Corporate Affairs PT. Chevron Wahyu Budiarto.

“Keberadaan pustu plus ini sangat kita harapkan dapat digunakan oleh masyarakat semaksimal mungkin. Akan lebih nyaman dalam pelayanannya, keberadaan pustu dapat dimaksimalkan oleh masyarakat terutama dalam pelayanan kesehatan. Mengharapkan pembangunan pustu Medana, mungkin bisa bekerja sama di sektor-sektor lainnya terutama di infrastruktur Lombok Utara,” kata Sekretaris Daerah Lombok Utara Raden Nurjati (R/SSH/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.