Contoh Umar bin Khaththab, LAB BAZNAS Proaktif Datangi Lokasi Mustahik

Jakarta, MINA – Guna mengoptimalkan bantuan untuk para mustahik, (Layanan Aktif Badan Amil Zakat Nasional)  secara proaktif mendatangi titik-titik strategis lokasi asnaf, terutama fakir dan miskin dari kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga berbagai daerah di sejumlah provinsi.

“Kami memiliki tim yang bergerak proaktif mencari dan mendatangi para mustahik yang membutuhkan bantuan. Ini meniru pola yang dilakukan sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab,” ujar Kepala Divisi Pendistribusian , Ahmad Fikri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/7).

Dia mencontohkan beberapa hal konkret yang dilakukan LAB, seperti merenovasi rumah warga korban kebakaran di Kelurahan Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur.

Contoh lainnya yakni membantu renovasi rumah mustahik bernama Warsid (48 tahun) yang tinggal di Kota Indramayu, Jawa Barat.

Warsid adalah nelayan berpenghasilan rata-rata Rp600 ribu per bulan, yang harus menghidupi seorang istri dan 4 anak.

“Kondisi rumah Warsid sangat memprihatinkan. Yakni, berdinding bilik bambu yang sudah rapuh, dengan lantai tanah. Jika musim hujan tiba dan saat air laut pasang air masuk ke dalam rumah. Sabtu, 7 Juli 2018, tim LAB menyambangi kediaman Pak Warsid menyampaikan amanah dari BAZNAS untuk membantu merenovasi rumahnya,” kata Fikri seraya menyebutkan masih banyak contoh-contoh lain yang dilakukan LAB untuk mustahik.(R/R04/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)