Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, 38 Santri Terima Syahadah Hafal Al-Quran 30 Juz

Insaf Muarif Gunawan - Ahad, 21 Mei 2023 - 07:18 WIB

Ahad, 21 Mei 2023 - 07:18 WIB

34 Views

Aceh Besar, MINA –  Sebanyak 38 santri Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar  telah berhasil mendapatkan syahadah menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Total 99 santri mengikuti Haflah Takhrij (wisuda) dengan lulusan tahun pelajaran 2022/2023 atau angkatan ke-7.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung UCC K.H Ahmad Dahlan, Banda Aceh, Sabtu (20/5/2023) yang dihadiri Kakanwil Kemenag Aceh Azhari, para santri dan orangtua/wali santri, serta tamu undangan.

Suasana syahdu begitu terasa dalam proses wisuda. Ruangan seketika hening saat para penghafal qur’an memasangkan mahkota kepada orang tua mereka.

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban TPPO di Myanmar

Kakanwil Kemenag Aceh Azhari mengapresiasi kiprah Dayah Insan Qurani yang telah mengharumkan nama daerah di berbagai ajang nasional.

IQ termasuk dayah yang aktif menyumbangkan prestasi untuk Aceh di berbagai even.

“Terimakasih, selama ini Dayah Insan Qur’ani telah menoreh banyak prestasi. Saya menyaksikan sendiri, saat melihat para juara di MTQ pasti banyak di antara para juara tersebut adalah pelajar di Dayah Insan Qur’ani,” ujar Azhari.

Khusus untuk wisudawan IQ, ia berpesan agar mereka terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan dengan belajar di lembaga pendidikan tinggi.

Baca Juga: Arif Rahman Selesaikan Studi S3 di Sudan Saat Perang Berkecamuk

“Untuk anak-anak kami para santri yang diwisuda hari ini, selamat, kalian telah lulus satu babak. Jangan berhenti, jangan santai, teruskan gaskan untuk babak berikutnya,” ujar Azhari

“Kami berharap kepada santriwan dan santriwati yang baru saja selesai diwisuda untuk segera merancang program pendidikan selanjutnya. Santri harus jadi pelopor teladan dan akhlakul karimah di masa yang akan datang,” sambungnya.

Mengenang Almarhum Ustad Amin Chuzaini yang merupakan salah satu penggagas sekaligus pendiri Dayah IQ. Amin Chuzaini sendiri merupakan sosok penting dalam melahirkan ribuan huffaz di Aceh dari sejumlah pondok pesantren yang ia gagas.

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ustad Muzakkir Zulkifli dalam sambutannya mengatakan, saat ini Dayah Insan Qur ani telah melahirkan ratusan penghafal Al Qur an sejak tahun pertama, begitu juga alumni kini belajar di berbagai universitas dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Santri Ponpes Hafidz Al-Fatah Jambi Terima Beasiswa Tahfidz dari Pemprov Jambi

“Kami berpesan kepada anak-anak untuk terus menimba ilmu dan terus mengamalkan ilmu yang telah didapatkan dan ingat al adab fauqal ilmi,” katanya.

Ia juga mengatakan kejujuran dan kesabaran adalah kunci kesuksesan.

“Kita mendidik kalian ini untuk umat. Seberapapun kemampuan yang dimiliki, berikan kontribusinya untuk umat. Ambil peran untuk bermanfaat bagi umat. Prinsip yang kita pegang: event the best it can be improved. Atau istilah Al Muhafadhatu a’lal qadimis shalih wal akhzu bil jadidil ashlah (Melestarikan tradisi lama yang baik, dan mengambil hal baru yang lebih baik, red),” ujarnya.

Sementara itu, T. Mardhatillah dalam sambutannya mewakili wali santri mengapreasiasi pimpinan dayah dan seluruh guru yang telah dengan tulus ikhlas tanpa kenal lelah mengajar dan membimbing para santri. (R/R8)/P1)

Baca Juga: Gempa di Pantai Selatan Sukabumi Bukan Megathrust

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Pendidikan dan IPTEK
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional