Delegasi Hamas ke Mesir

Kairo, MINA – Sebuah delegasi dari kelompok Palestina berangkat ke Kairo dari Jalur Gaza yang diblokade pada Sabtu (28/9) untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat , lapor Anadolu Agency.

Menurut media setempat, delegasi Hamas tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang hal apa yang akan dibicarakan.

Termasuk dalam delegasi itu adalah salah satu tokoh Hamas Khalil al-Hayya yang menjabat seabagai Wakil Ketua Hamas di Gaza, dan anggota terkemuka lainnya, seperti disampaikan oleh salah satu sumber di Palestina yang dekat dengan Hamas.

Pada pertengahan Agustus lalu, faksi Palestina itu bertemu dengan pejabat Mesir di Kairo untuk membahas proposal rekonsiliasi Hamas-Fatah, gencatan senjata dengan Israel, dan pelaksanaan proyek-proyek kemanusiaan lainnya di Gaza.

Oktober tahun lalu, Hamas dan Fatah menandatangani perjanjian rekonsiliasi di Kairo yang akan memungkinkan Pemerintah Palestina yang berbasis di Ramallah mengelola Gaza, yang sebelumnya telah dikendalikan oleh Hamas sejak memenangkan pemilu tahun 2007.

Kesepakatan itu, bagaimanapun, belum berlaku karena sejumlah perbedaan yang dalam  beberapa di antaranya perbedaan ideologis perjuangan antara dua faksi yang bersaing. (T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.