Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Delegasi Indonesia Raih Peringkat III MTQ Internasional di Malaysia

Hasanatun Aliyah Editor : Widi Kusnadi - 14 detik yang lalu

14 detik yang lalu

0 Views

Delegasi Indonesia meraih juara III MTQ International. (Sumber: Kemenag)

Jakarta, MINA – Delegasi Indonesia meraih juara III pada 64th International Al-Qur’an Recitaland and Memorisation Assembly Malaysia, yang digelar pada 5-12 Oktober 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Wahyu Andi Saputra asal Kalimantan Tengah meraih peringkat ketiga dengan nilai 92,09 dan Syamimi Assahira asal Kepulauan Riau meraih juara ketiga dengan nilai 89,46.

Direktur Penerangan Agama Islam, Kemenag, Ahmad Zayadi bersyukur atas torehan prestasi Wahyu dan Syamimi untuk Indonesia.

Menurutnya, MTQ Internasional di Malaysia ini merupakan gelaran yang sangat bergengsi.

Baca Juga: Kemarau Tak Halangi Ketahanan Pangan Jateng, Panen Didorong Lebih dari Dua Kali Lipat

“Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena kita tahu ajang ini adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” ujar Zayadi di Jakarta, Selasa (15/10).

Lanjut Zayadi, untuk sampai ke negeri Jiran, Wahyu dan Syamimi harus melalui tes penyaringan kualifikasi peserta yang telah dilakukan secara online pada 29 April hingga 5 Mei 2024 (Kategori Tilawah) dan pada tanggal 21 hingga 26 Juli 2024 (Kategori Hafalan), yang melibatkan 120 peserta dari 89 negara.

“Info yang kami dapat, peserta kategori Tilawah berjumlah 53 orang (39 laki-laki dan 14 perempuan) dari 41 negara, salah satunya dari Indonesia dan berhasil meraih juara 3. Sekali lagi selamat kepada Wahyu Andi Saputra dan Syamimi Assahira atas prestasi yang sangat luar biasa ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alqur’an dan Alhadits, Rijal Ahmad Rangkuty mengatakan, setiap tahun, Indonesia mengirimkan delegasi untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat internasional.

Baca Juga: UAR Pusat Berikan Beasiswa Kuliah di STAI Al-Fatah

“Delegasi yang diutus tidak hanya diberi pembinaan, tapi juga fasilitas akomodasi serta bonus jika berhasil meraih juara di ajang internasional,” ujar Rijal.

Rijal menyebut, hadiah atau bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi dan komitmen dari Kemenag, serta menambah motivasi untuk terus meningkatkan prestasi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Termasuk bonus untuk kedua delegasi yang berhasil meraih juara di MTQ Internasional di Malaysia ini. Sedang kami persiapkan untuk waktu dan tempat akan kami infokan,” tandasnya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Menag: BAZNAS Jadi Motor Penting Penanggulangan Kemiskinan

 

Rekomendasi untuk Anda