Delegasi Israel Kunjungi Sudan Bahas Kesepakatan Normalisasi

(Foto: Istimewa)

, MINA – Delegasi Israel telah tiba di ibu kota , Khartoum, untuk membahas hubungan antara kedua negara.

Dalam laporan Middle East Monitor (MEMO), Kamis (2/2), kunjungan tersebut merupakan bagian dari pertukaran kunjungan antara Sudan dan Israel, melibatkan diskusi untuk mencapai dan menandatangani kesepakatan normalisasi.

Sudan setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk menormalisasi hubungan dengan Israel dalam kesepakatan tahun 2020 yang ditengahi oleh pemerintahan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, di samping perjanjian normalisasi antara Israel dan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko.

Tidak ada komentar langsung dari para pejabat Israel, tetapi sekretariat Menteri Luar Negeri entitas Zionis itu, Eli Cohen mengatakan dia akan mengadakan konferensi pers “sekembalinya dari kunjungan kenegaraan yang bersejarah”.

Sebagai Menteri Intelijen pada 2021, Cohen melakukan kunjungan terobosan ke Sudan.

Militer Sudan, yang telah memimpin negara itu sejak kudeta 2021 tetapi mengatakan berniat untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil, dianggap telah memimpin langkah untuk membangun hubungan dengan Israel.

Kelompok sipil lebih enggan, dan sebelumnya mengatakan kesepakatan apa pun harus diratifikasi oleh parlemen transisi yang belum terbentuk.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.