Delegasi Senior Israel Bertemu Menteri Kehakiman Sudan Bahas Kerjasama

Abu Dhabi, MINA – Delegasi senior Israel bertemu dengan Menteri Kehakiman Sudan Nasredeen Abdulbari di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Rabu (13/10) membahas kemungkinan kerjasama.

Di antara delegasi senior yang hadir adalah Menteri Kerjasama Regional Esawi Frej, Wakil Menteri Luar Negeri Idan Roll dan Ketua Subkomite Luar Negeri Knesset Emilie Moatti.

“Kerja sama dengan Israel di bidang pendidikan dan budaya bahkan lebih penting bagi kami daripada kerja sama ekonomi,” kata Menkeh Abdulbari, seperti dilaporkan Jerusalem Post.

Menteri Frej membalas dengan mengatakan, “Kita harus saling mengenal dan memperkuat ikatan kemanusiaan di antara kita.”

Wamenlu Israel Roll menekankan pentingnya menandatangani perjanjian damai antar negara.

Sebuah sumber yang dekat dengan delegasi mengatakan, Abdulbari menyatakan antusiasmenya untuk meresmikan hubungan antara Sudan dan Israel, dan optimis hal-hal akan bergerak maju.

Selain itu, Roll dan Abdulbari juga membahas kerja sama di bidang pelatihan teknologi untuk memungkinkan penduduk negara-negara Kesepakatan Abraham menyesuaikan diri dengan perubahan di pasar tenaga kerja dan belajar bagaimana melakukan pekerjaan hi-tech dari jarak jauh.

Sudan setuju untuk normalisasi dan perdamaian dengan Israel di bawah tekanan dari AS, yang ditetapkan dengan imbalas AS menghapus Sudan dari negara sponsor daftar terorisme.

Pemerintah transisi Sudan saat ini dipimpin militer dengan Abdel Fattah al-Burhan sebagai Ketua Dewan Kedaulatan, dan para pemimpin sipil yang dipimpin Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok.

Pihak militer lebih antusias tentang hubungan dengan Israel, sementara pihak sipil lebih mendengar tanggapan publik yang menolak rencana hubungan itu.

Abdulbari berada di pihak sipil, dan pertemuan publiknya dengan pejabat senior Israel dapat dilihat sebagai gerakan menuju kesepakatan (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)