Demo Palestina Jumat Puji Morsi

Gaza, MINA – Warga yang mengikuti demonstrasi  pada hari Jumat (21/6), juga membawa gambar-gambar , presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis dan meninggal di tengah persidangannya di pengadilan baru-baru ini.

Palestina mengadakan demonstrasi damai, atau “Great March of Return”, di dekat pagar yang memisahkan jalur Gaza dari Israel. Demonstrasi yang diadakan setiap hari Jumat sejak 30 Maret 2018 itu memasuki pekan ke-63, Anadolu Agency melaporkan.

Para pengunjuk rasa, yang menuntut diakhirinya blokade ilegal dan hak untuk kembali ke rumah mereka, membawa bendera Palestina dan meneriakkan slogan-slogan anti-Israel, sambil membawa gambar Morsi.

Mereka membawa plakat bertuliskan: “Generasi berikutnya akan ingat, Anda membela Palestina,” dan “Gaza tidak akan melupakan siapa yang mendukungnya.”

Juga doa pemakaman in absentia diadakan  di berbagai bagian Palestina pada hari Jumat.

Morsi, anggota terkemuka Ikhwanul Muslimin Mesir, memenangkan pemilihan presiden pertama negara itu pada tahun 2012.

Dia digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan saat itu, hanya setelah satu tahun setelah menjabat.

Pada saat kematiannya, Morsi tengah menghadapi sejumlah tuntutan hukum, yang ia, bersama dengan berbagai kelompok hak asasi manusia dan pengamat independen, mengatakan bermotivasi politik. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)