Depok Halal Festival 7 – 20 Oktober 2019

Pemimpin BNI Syariah Wilayah Jabodetabek Plus, Ali Muafa (lima dari kanan); Sekretaris Daerah (Sekda) Depok, Hardiono (tiga dari kiri); dan Branch Manager BNI Syariah Depok, Edy Putraga (dua dari kiri) dalam acara Depok Halal Festival 2019 yang berlangsung di Main Atrium D-Mall Depok, Selasa (8/9).(Foto: Istimewa)

Depok, MINA 2019, yaitu festival industri yang ditujukan untuk pemberdayaan dan pengembangan UMKM, tengah berlangsung di Main Atrium D-Mall Depok, 7 – 20 Oktober 2019.

Acara tersebut diresmikan oleh Walikota Depok, Muhammad Idris dan dihadiri oleh Ketua MUI Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman; Pemimpin BNI Syariah Wilayah Jabodetabek Plus, Ali Muafa; Branch Manager BNI Syariah Depok, Edy Putraga; dan Ketua International Council for Small Business (ICSB) Depok, Wahyudi Setiawan.

Sebanyak 10 UMKM dan institusi dari berbagai sektor turut memeriahkan acara ini, diantaranya fintech, perbankan syariah, halal cosmetic, moslem fashion, halal travel & hotel, halal food, halal drink.

Walikota Depok, Muhammad Idris, saat membuka acara Selasa (8/10), berharap acara ini bisa memaksimalkan potensi perekonomian daerah. Termasuk membuka peluang bagi kemajuan serta perkembangan usaha masyarakat terutama di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota Depok.

Sementara itu, Ketua ICSB Depok, Wahyudi Setiawan mengatakan ICSB Kota depok merupakan Wadah atau Platform kolaborasi bagi empat pilar yaitu Peneliti, Akademisi, Pemerintah dan Pelaku Bisnis yang memiliki peran penting dalam pemberdayaan UMKM.

“Depok Halal Fest kedepannya akan kita jadikan event rutin tahunan. Dengan tujuan utama pemberdayaan dan pengembangan UMKM dari dan oleh Kota Depok,” kata Wahyudi.

Acara Depok Halal Fest 2019 yang berlangsung selama kurang lebih dua pekan ini, ditargetkan bisa mendatangkan pengunjung minimal 1.000 orang per hari. Acara tersebut diharapkan juga bisa menggandeng para pelaku UMKM dari 11 kecamatan di Kota Depok.

Berbagai aktivitas diselenggarakan untuk menarik pengunjung, diantaranya sosialisasi BPJPH, talkshow halal, talkshow strategi fintech, talkshow wisata halal, talkshow coffee/barista, kelas memasak, kelas kecantikan, muslim fashion show, dan kompetisi.

Ali Muafa mengatakan kontribusi BNI Syariah dalam Depok Halal Festival 2019 diharapkan bisa meningkatkan perkembangan sektor UMKM.

“Pada kesempatan ini, BNI Syariah siap memberikan layanan pembukaan rekening tabungan Tabungan BNI iB Hasanah, Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah, dan Tabungan BNI Bisnis iB Hasanah,” kata Ali Muafa.

BNI Syariah juga menyediakan produk tabungan untuk anak yaitu BNI Tunas iB Hasanah dan tabungan BNI Baitullah iB Hasanah versi Anak.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengajukan pembiayaan mikro BNI IB Hasanah, Griya iB Hasanah, BNI iB Hasanah Card, dan produk travel haji dan umroh yang bekerjasama dengan BNI Syariah.

BNI Syariah menargetkan DPK sebesar Rp 1 miliar dan pembiayaan sebesar Rp 3 miliar selama periode penyelenggaraan acara.(R/R01/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.