Desra Percaya Paparkan Enam Masalah Utama Palestina

. (Foto: MINA)

 

Jakarta, MINA – Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya mengatakan, ada enam masalah utama yang dihadapi hingga saat ini.

Permasalahan tersebut terdiri atas masalah status Yerusalem, perbatasan, pemukiman, air, keamanan dan pengungsi. Hal itu disampaikan Desra dalam acara “50 Tahun Pendudukan Israel terhadap Wilayah Palestina,” di Jakarta, Rabu (1/11).

“Keenam masalah tersebut adalah masalah yang serius. Isu Palestina adalah isu yang sangat kompleks baik dari segi aktor yang berperan maupun kepentingan yang diperjuangkan,” katanya.

Sementara itu, ia menjelaskan adanya frustasi dari generasi muda Palestina, padahal peran pemuda sangat penting dalam kemerdekaan Palestina.

“Mengenai hal ini, civil society memainkan peran strategis dalam menggalang kekuatan lintas-komunitas demi kemerdekaan Palestina dan dialog pihak-pihak yang terkait,” kata Desra.

Ia mengatakan, diperlukan adanya situasi politik domestik yang kondusif, baik di Palestina maupun Israel dan Amerika Serikat guna terwujudnya penyelesaian konflik Palestina-Israel secara komprehensif.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Amnesty Internasional bekerja sama dengan Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia.

Adapun acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh diantaranya, Kuasa Usaha Kedubes Palestina di Indonesia Taher Ibrahim Abdallah Hamad, Direktur Amnesty Internaional Usman Hamid, serta Anggota Komisi I DPR RI Sukamto. (L/R10/R04/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.