Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Tangan Erza, Segenggam Beras jadi Ratusan Nasi Kotak

Redaksi Editor : Arif Ramdan - Ahad, 28 Juli 2024 - 17:27 WIB

Ahad, 28 Juli 2024 - 17:27 WIB

97 Views

Santri Pondok Pesantren Al Fatah, Wonogiri pada acara Jumat Berkah

Berbagi tidak harus berupa barang mewah atau uang berjuta rupiah, namun bisa juga dilakukan dengan memberi makanan kepada sesama semampu yang bisa dilakukan. Itulah sebentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala kepada kita.

Hal ini juga yang menginspirasi sejumlah ibu-ibu RT 2 RW 1, Ngadirojo Lor, Wonogiri, Jawa Tengah. Kontributor MINA, Dinia Aprilia dari Wonogiri melaporkan, kegiatan itu bermula dari kegiatan sedekah Jumat, Erza binti Adamhuri mencoba menginisiasi kegiatan itu untuk beberapa Pondok Pesantren.

Dimulai sekitar tahun 2018, Erza dan keluarga memulai kegiatan kecil-kecilan di satu masjid dekat rumahnya. Ia menyediakan berbagai makanan kecil untuk jamaah shalat Jumat. Setiap Jumat, apa yang dilakukan Erza disambut baik para jamaah dan mendapat respons positif warga sekitar.

Ingin agar pahala kebaikan itu mengalir kepada banyak orang, Erza juga mengajak sejumlah ibu-ibu untuk sama-sama bersedekah di Hari Jumat. Erza kemudian mengajak ibu-ibu sekitar tempatnya tinggal untuk bersedekah segenggam beras dan dikumpulkan setiap Kamis.

Baca Juga: Mabes Polri Kunjungi AWG, Perkuat Sinergi untuk Palestina

Beras yang telah terkumpul dari para ibu dekat rumah Erza, diolah sedemikian rupa menjadi menu makanan berupa nasi kotak yang bisa dibagikan di hari Jumat ke masjid. Perlahan tapi pasti, apa yang dilakukan ibu-ibu tersebut berkembang tidak hanya untuk satu masjid saja dan melibatkan banyak ibu-ibu yang juga ikut bersedekah Jumat.

Setelah kurang lebih 6 tahun berjalan, Kegiatan sedekah Jumat Berah bersama kaum ibu-ibu tersebut, telah mampu mendonasikan secara rutin menu makanan untuk lima masjid dan pondok pesantren di kawasan Wonogiri.

Awalnya hanya satu masjid, yaitu Masjid Pondok Pesantren Darul Quran dikarenakan berasnya hanya terkumpul sekitar 2 kg setiap minggunya ditambah dengan makanan ringan lainnya.

Selain memasak di dapurnya sendiri, Erza juga berhasil mengajak kenalannya dari berbagai daerah untuk mulai melakukan kegiatan sedekah Jumat Berkah di daerahnya masing-masing. Tentunya masih dengan bantuan dan arahan dari Erza.

Baca Juga: Alumni Taiwan Gelar Diskusi Dampak Hubungan Lintas Selat terhadap ASEAN dan Indonesia

Saat ini, kegiatan amal sedekah Jumat Berkah yang diinsiasi Erza telah memiliki donatur tetap di mana sisa dana yang terkumpul dapat dialokasikan juga untuk pembangunan Masjid dan pondok pesantren di daerah Wonogiri, salah satunya adalah Pondok Pesantren Al Fatah Wonogiri dan Pondok Pesantren Keron, Sidoarjo.

“Dulu nasi kotak hanya mampu beberapa box saja Mbak kami lebih fokus pada snack-snack yang Alhamdulillah kita bisa membuat ribuan snack. Sekarang Masya Allah Alhamdulillah semua diratakan nasi kotak yang jumlahnya bisa mencapai ratusan boks” ujar Erza.

Pendistribusian sedekah Jumat Berkah tersebut memanfaatkan kerjasama dengan takmir masjid untuk mengambil langsung ke kediaman Erza. Hanya tersisa satu masjid yang pengantaran sedekahnya di antar langsung Erza, dikarenakan para takmir dan pengurus masjid tersebut merupakan orang-orang lansia.

Kegiatan Jumat Berkah saat ini lebih fokus kepada pondok-pondok pesantren di mana banyak santri menuntut ilmu dan tempat yatim atau dhuafa. []

Baca Juga: FKM-BP Lakukan Pra Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di Lima Kota

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia