Dilantik Jadi Kakwarnas, Budi Waseso Tegaskan Siap Bina Generasi Muda Indonesia

Jakarta, MINA – Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) mempunyai tanggung jawab sebagai pembina untuk melatih atau melahirkan generasi muda unggulan bangsa melalui pendidikan Praja Muda Karana (Pramuka).

“Kenapa dengan pendidikan Pramuka? Karena memang Pramuka itu ada programnya di seluruh Indonesia, di seluruh wilayah republik ini, baik itu di kemasyarakatan di RT/RW, maupun di sekolah,” ujar Budi Waseso yang baru saja dilantik sebagai Kakwarnas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/12).

Menurut keterangan tertulis Setkab, Budi Waseso akan menjabat Kakwarnas sejak 2018 sampai 2023. Selama itu, kata Budi, dirinya harus membuat program kerja sesuai dengan amanah dari negara yaitu membina generasi muda Indonesia ke depan melalui kegiatan Pramuka.

“Oleh sebab itu, saya menyusun satu kerangka organisasi di Pramuka atau di kepengurusan di kwarnas yang bidangnya adalah secara menyeluruh bidang itu berkaitan dengan program pemerintah,” ujarnya.

“Jadi sekarang, tadi SK-nya dari Pak Presiden itu sudah ikut memutuskan bahwa pembina, contoh, nanti pembina pelatihan pemuda pertanian di Pramuka, itu akan ditanggungjawabkan kepada Menteri Pertanian, Menteri Desa, Menteri Koperasi di antaranya itu,” tambahnya.

Jika berkaitan dengan program ketahanan nasional, lanjut Kakwarnas, nanti Menhan di antaranya, TNI, Polri, Kapolri dengan Panglima TNI. Itu termasuk dalam surat keputusannya Presiden yang tadi penjabarannya dibacakan.

Di akhir pernyataan, Budi berjanji akan berusaha bekerja dengan baik, sebagai Kakwarnas.

“Saya ingin membangun Pramuka ke depan yang lebih baik karena itulah aset bangsa, generasi bangsa Indonesia ini yang akan dibangun melalui salah satunya dengan gerakan Pramuka,” pubgkasnya.(R/R05/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)