Dinas KPKP DKI Jakarta Terus Pantau Keamanan Pangan Ibu Kota

Jakarta, MINA – Dinas Ketahanan , Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus memastikan keamanan pangan di Jakarta. Salah satunya dilakukan dengan menjalankan tiga mobil laboratorium pengujian makanan segar keliling.

Kepala Dinas , Darjamuni mengatakan, mobil laboratorium keliling dilengkapi dengan petugas pengujian yang dapat melakukan uji sampel di tempat pengawasan.

“Kami juga akan mengintensifkan pembinaan terkait standar mutu dan kualitas pangan segar hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan bagi para pelaku usaha,” katanya, Rabu (15/1).

Darjamuni menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta mengirimkan, tahun ini pangan segar hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan yang dikirim di wilayah DKI Jakarta yang aman dikonsumsi.

“Hal ini sesuai dengan kebijakan dan program Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat yang disetujui tertuang dalam RPJMD Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Darjamuni merinci, capaian kinerja tahun 2019 dari 49.520 sampel uji yang diambil dari lokasi pasar, supermarket, sentra produksi yang tersebar di lima wilayah kota dan kabupaten Kepulauan Seribu sebanyak 99,74 persen hasil aman dari bahan kimia aman

“Kami akan meningkatkan capaian pada tahun 2020. Diperlukan, masyarakat semakin yakin dan aman dalam mengonsumsi berbagai produk makanan,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui mobil keliling laboratorium, pengawasan bisa dilakukan secra lebih intensif setiap pertemuan.

“Bila ada temuan yang bisa kita terima, penindakan atau hukuman yang sesuai dengan SOP,” katanya. (L/R2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.